SOLOPOS.COM - Patung singa di Pendapa Mangkunegaran Solo, Minggu (27/3/2022). Patung singa berwarna emas itu didatangkan dari Berlin, Jerman saat selesai renovasi Pura Mangkunegaran tahun 1866. (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Wisatawan yang mengunjungi Pura Mangkunegaran Solo akan disambut patung singa dan ornamen dua malaikat atau angel berwarna emas di Pendapa.

Ornamen malaikat itu terletak di kanopi depan. Dua ornamen malaikat itu mengapit perisai logo MN atau Mangkunegaran. Guide atau Pemandu Wisata Pura Mangkunegaran Solo, Aji Dharma Sakti, mengatakan ornamen dua angel dan patung singa tersebut memiliki arti dan harapan baik untuk keluarga Mangkunegaran Solo.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Baca Juga : Jelajahi Spot-Spot Tersembunyi di Mangkunegaran Solo, Ada Apa Saja Ya?

Ekspedisi Mudik 2024

“Kalau diambil contoh yang di kanopi ada dua angel mengapit perisai dengan logo MN [Mangkunegaran]. Angel dalam budaya Eropa dianggap sebagai simbol penyelamat,” ungkapnya saat berbincang dengan Solopos.com di Pendapa Pura Mangkunegaran Solo, Minggu (27/3/2022).

Tak hanya itu, Aji menyampaikan ornamen malaikat di kanopi Pendapa Pura Mangkunegaran Solo juga memiliki filosofi, yakni keluarga Mangkunegaran akan selalu dalam perlindungan. “Dua malaikat yang mengapit perisai logo MN itu ada filosofinya, diharapkan supaya keluarga itu selalu terlindungi dari mara bahaya, seperti itu,” katanya.

Aji menuturkan ornamen dua malaikat bukan hanya berada di kanopi Pendapa Pura Mangkunegaran. Ornamen malaikat juga ada di lampu-lampu gantung Pendapa Mangkunegaran.

Baca Juga : Ini Makanan Khas Mangkunegaran Solo, Pernah Mencicipi?

Aji memaparkan angel dalam cerita mitologi Eropa diibaratkan sebagai binatang immortal (abadi). “Saat di-mix dalam hewan mitologi Eropa, angel diartikan hewan yang memiliki kekuatan abadi [immortal]. Nah artinya perlindungan yang abadi untuk keluarga Mangkunegaran,” ungkapnya sembari menunjukkan lampu gantung dengan ornamen malaikat.

Berlanjut, Aji menjelaskan tentang patung singa merupakan hasil karya modernisasi Eropa. Patung dari Berlin itu berada di Pendapa Mangkunegaran. Singa merupakan simbol kekuasaan dan penjaga sebuah tempat.

Baca Juga : Uniknya Kursi Pendek Bhre Mangkunagoro X saat Ruwahan, Ini Maknanya

“Kenapa patungnya singa, jadi artinya ada dua. Yang pertama singa adalah simbol kekuasaan. Kedua, dalam tradisi Jawa singa disimbolkan penjaga suatu tempat,” ungkapnya sembari memegang patung singa.

Aji menambahkan simbol patung singa dan angel menjadi harapan besar perlindungan dan keselamatan yang abadi untuk keluarga Mangkunegaran hingga keturunannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya