top ear
Muhammad Zain Luthfi Wijaya, seniman patung dari Semarang yang sukses memasarkan patung Didi Kempot hingga ke luar negeri. (Youtube)
  • SOLOPOS.COM
    Muhammad Zain Luthfi Wijaya, seniman patung dari Semarang yang sukses memasarkan patung Didi Kempot hingga ke luar negeri. (Youtube)

Patung Didi Kempot Buatan Wong Semarang Ini Laris hingga ke AS

Seorang seniman patung dari Semarang sukses memasarkan patung Didi Kempot hingga ke luar negeri.
Diterbitkan Selasa, 8/09/2020 - 20:00 WIB
oleh Solopos.com/Chelin Indra Sushmita
2 menit baca

Solopos.com, SEMARANG – Patung replika Didi Kempot terjual laris sampai ke luar negeri. Hal tersebut membuktikan sang maestro campursari masih melekat di hati para penggemarnya setelah meninggal pada 15 Mei 2020 lalu.

Dilansir dari kanal Youtube Indosiar, Selasa (8/09/2020), patung Didi Kempot yang laris manis itu dibuat oleh Muhammad Zain Luthfi Wijaya. Dia merupakan pembuat patung sekaligus sobat ambyar dari Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Patung terbuat dari bahan resin. Zain membuat patung sang legenda campursari sangat mirip dengan sosok aslinya.

Ratusan Buruh Pabrik BH di Madiun Demo di Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Awalnya Zain hanya mencoba-coba tapi karena banyak peminat, akhirnya pembuatan patung itu pun berlanjut. Dia pun sudah mengantongi izin dari keluarga almarhum The Godfather of Broken Heart itu.

“Awalnya sih hanya nyoba-nyoba sih mas karena kebetulan atribut Didi Kempot enggak ada bikin cobalah gini gini. Ternyata banyak yang minat akhirnya ya saya lanjutin” ujar Zain.

Setelah mendapatkan izin pembuatan dari pihak keluarga, Zain mulai membuat patung berukuran 12 cm dan hanya dipromosikan lewat media sosial. Sampai saat ini Zain berhasil menjual 17 dari 20 patung yang dibuatnya.

5 Anggota Keluarga Fajri Cawabup Klaten di Solo Kena Covid-19

Masa pembuatan patung Didi Kempot itu tergolong cukup lama karena banyak detail yang harus diperhatikan. Pembuatan kerangkanya saja memakan waktu satu bulan. Sementara untuk membuat satu patung membutuhkan waktu satu sampai dua pekan.

”Kalau untuk prototipe sih sekitar sebulan. Kalau untuk produksi 1 pcs ya seminggu dua minggu lah. Soalnya kan banyak detail yang harus diperhatikan” ujarnya.

Misteri Sumur Emas di Gondangrejo Karanganyar, Airnya Berkilauan Loh

Patung Didi Kempot yang berbahan resin dijual dengan harga Rp2 juta per patung dan telah dipasarkan sampai luar negeri seperti Australia dan Amerika serikat. Dari keahliannya ini Zain mampu berpenghasilan Rp10 juta hingga Rp15 juta per bulan. (Fajar Heru Laksono/JIBI/Solopos.com)


Editor : Profile Chelin Indra Sushmita
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com
Kata Kunci : #Semarang #Didi Kempot

berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini