[x] close
Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan
Solopos.com|soloraya

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Solopos.com, KLATEN--Polres Klaten turut memantau objek wisata air di Kecamatan Polanharjo dan Kecamatan Tulung saat memasuki H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021). Polisi tak menemukan pelanggaran protokol kesehatan selama memantau beberapa objek wisata tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, Polres Klaten membagi tiga tim untuk memantau pelaksanaan liburan Lebaran 2021. Masing-masing tim itu disebar di kawasan timur (Polanharjo dan Tulung), kawasan tengah (Bayat, Klaten Kota, dan Kebonarum), dan kawasan barat (Prambanan).

Hal utama yang dipantau anggota polisi, yakni pelaksanaan protokol kesehatan di objek wisata. Hal itu terutama, berbagai fasilitas dan ketaatan pengelola objek wisata dalam menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga:  649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

"Hari ini, kami memantau objek wisata di Polanharjo dan Tulung. Yang kami pantau, seperti Umbul Ponggok, Ketjeh Resto, dan Objek Wisata Mata Air Cokro (OMAC). Hasil pantauan, seluruh pengelola sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Para pengunjung pun taat protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun saat masuk ke objek wisata, dan lainnya. Hasil pantauan kami, semua protokol kesehatan dijalankan dengan baik," kata Perwira Pengendali (Padal) Patroli Objek Wisata Wilayah Polanharjo dan Tulung, Iptu Masna, saat ditemui wartawan di kompleks OMAC Tulung, Sabtu (15/5/2021).

Iptu Masna mengatakan pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung agar selalu menaati protokol kesehatan. Iptu Masna memperkirakan masyarakat diperkirakan masih akan menyerbu objek wisata di Klaten, Minggu (16/5/2021).

"Adanya sound system yang digunakan pengelola untuk mengingatkan pengunjung agar selalu menaati protokol kesehatan sudah berjalan baik. Sekitar 5-10 menit, selalu diumumkan soal itu. Hari ini, kunjungan ke objek wisata mulai ramai. Dimungkinkan, besok masih ramai," kata Iptu Masna.

Baca Juga: Pengunjung Umbul Manten Klaten Membeludak, Dagangan Lotis Pemuda Tulung Ludes dalam Tempo 15 Menit

Hal senada dijelaskan Koordinator OMAC Tulung, Sugiyanto. Jumlah pengunjung di OMAC memasuki H+2 Lebaran masih mencapai 600-an orang.

"Kunjungan hari ini masih sama dengan hari kemarin, yakni sekitar 600 orang [dalam sehari]," katanya.
Sugiyanto mengatakan pengelola OMAC juga sudah berusaha optimal guna mencegah terjadinya kerumunan. Hal itu dengan menutup sementara dalam waktu-wakti tertentu. OMAC dibuka mulau 07.30 WIB-15.00 WIB. Sedangkan penutupan sementara dilakukan pukul 09.00 WIB-10.00 WIB dan 12.00 WIB-13.00 WIB.

"Itu menjadi cara kami agar tak terjadi kerumunan. Jika di bawah [sungai dan kolam renang] mulai ramai, pengunjung yang baru datang kami arahkan ke atas [water boom]," katanya.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago