SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo memulai rangkaian kunjungan luar negeri ke empat negara yakni Jerman, Ukraina, Rusia, dan Persatuan Emirat Arab, Minggu (26/6/2022). (ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/Muchlis Jr/am)

Solopos.com, JAKARTAPresiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Jerman, Ukraina, Rusia hingga Uni Emirat Arab (UEA), Minggu (26/6). Dalam kunjungannya ke negara yang sedang berperang Ukraina-Rusia, Jokowi dikawal oleh pasukan elite TNI.

Dalam keterangannya sebelum keberangkatan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten yang disaksikan secara daring dari Jakarta, Minggu, Jokowi menyampaikan kunjungan ke Jerman dalam rangka menghadiri KTT G7 yang diselenggarakan pada 26-28 Juni 2022.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Posisi Indonesia dalam G7 adalah sebagai negara mitra sekaligus diundang sebagai negara ketua G20.

Baca Juga: Imbas Perang Rusia-Ukraina, Ini 10 Negara Batasi Ekspor Pangan

Setelah itu, Jokowi akan menemui Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Kiev, Ukraina, dan Presiden Rusia, Vladimir Putin, di Moskow, Rusia, untuk mengajak keduanya membuka ruang dialog perdamaian atas perang yang terjadi antara kedua negara.

Kemudian setelah itu Jokowi akan berkunjung ke Uni Emirat Arab guna melanjutkan kembali pembahasan kerja sama ekonomi dan investasi antara Indonesia dengan Uni Emirat Arab.

“Kunjungan ini bukan hanya penting bagi Indonesia tetapi juga penting bagi negara-negara berkembang untuk mencegah rakyat negara-negara berkembang dan berpenghasilan rendah jatuh ke jurang kemiskinan ekstrem dan kelaparan,” kata dia, Minggu (26/6/2022), seperti dilansir dari Antara.

Baca Juga: Disayangkan, Kemenlu dan Jokowi Beda Pernyataan Soal Invasi Rusia

Selama kunjungan ke Ukraina dan Rusia, Jokowi akan didampingi oleh pasukan khusus. Setidaknya ada 39 pasukan elite yang akan menjaga kepala negara di negara yang sedang dilanda konflik tersebut.

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres), Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo mengatakan 39 personel Paspampres yang bakal menjaga Jokowi terdiri atas pengamanan yang akan terus menempel presiden, tim advance, dan tim khusus yang bakal stand by di lokasi selama acara.

Budi menerangkan pasukannya juga sudah menggelar latihan sejak beberapa pekan terakhir untuk mengamankan Jokowi.

Baca Juga: Amankan Kunjungan Jokowi ke Ukraina-Rusia, Begini Skenario Paspampres

“Contohnya penyelamatan dari kereta api, penyelamatan di stasiunnya sendiri, di jalan seperti apa, meng-escape beliau itu kami sudah latihan, itu dari teknisnya,” kata Budi dilansir dari Bisnis, Jumat (24/6/2022).

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya