SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

JOGJA—Pasokan bawang merah lokal mulai langka di sejumlah pasar tradisional Jogja. Kondisi ini memicu melonjaknya harga bawang merah lokal hingga Rp15.000 per kilogram sejak dua minggu terakhir.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Minimnya pasokan bawang merah diakui sejumlah pedagang bawang di Pasar Legi Jalan Bugisan. Asih, salah satu pedagang bawang, Selasa (29/5) menuturkan, harga bawang merah melonjak tajam sejak dua minggu terakhir dari sebelumnya hanya dijual Rp10.000 per kilogram kini mencapai Rp15.000.

“Belinya mahal ada yang Rp13.000, Rp12.000 sudah dua minggu ini,” ujarnya.

Selain mahal, ia juga hanya mendapat sedikit pasokan dari pengepul lantaran stok terbatas. Padahal sehari Asih butuh sekitar 10 kilogram bawang merah lokal untuk dijual. Lantaran pasokan menipis, ia terpaksa menjual bawang impor yang lebih murah seharga Rp12.000 per kilogram.

Tak hanya Asih, Parjinem pedagang lainnya juga mengakui sulit mendapat pasokan bawang merah lokal.

“Sekarang sulit, hari ini saja saya enggak dapat. Ini saja dapat sedikit kemarin tapi dicampur sama bawang yang besar-besar,” ungkapnya. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya