SOLOPOS.COM - Ilustrasi petugas medis menangani pasien corona. (Antara/M Agung Rajasa)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Jumlah pasien positif Covid-19 di Colomadu, Karanganyar, bertambah satu lagi menjadi total tiga orang pada Sabtu (18/4/2020). Pasien positif virus corona berusia 30-an tahun asal Desa Gajahan tersebut diketahui pernah mengikuti seminar di Jakarta pada Jumat (6/3/2020).

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengonfirmasi adanya tambahan pasien Covid-19 berasal dari Desa Gajahan itu. Diketahui pasien tersebut merupakan dosen salah satu universitas swasta di Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pakar UNS: Cacing Keluar di Solo, Bisa Jadi Dinamika di Bawah Kerak Bumi

Ketua Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Karanganyar tersebut mengatakan pasien positif warga Colomadu itu pernah mengikuti seminar di Jakarta pada awal Maret silam.

“Runtutan riwayatnya dia itu kan dosen dan pernah mengikuti seminar di Jakarta. Setelah pulang di merasakan gangguan kesehatan. Dia kemudian periksa ke rumah sakit dan karena riwayat perjalanan kemudian di swab tenggorokannya. Hasilnya baru keluar tadi [Sabtu] sore dan dinyatakan positif,” jelas dia ketika dihubungi Solopos.com, Sabtu malam.

Jumlah Pasien Positif Covid-19 Asal Sragen Bertambah Jadi 5 Orang

Juliyatmono mengatakan selama menunggu hasil swab, yang bersangkutan menjalani karantina mandiri di rumah. Namun, diketahui saat ini pasien Covid-19 dari Colomadu, Karanganyar, tersebut sudah mendapatkan perawatan medis di RS Kasih Ibu Solo dan dalam keadaan baik.

“Sebelumnya dia kan PDP dan menjalani karantina mandiri di rumah. Saat ini sudah dirawat di RS Kasih Ibu. Orangnya masih muda dan saat ini kondisinya menurut laporan dalam keadaan baik,” imbuh dia.

Fenomena Cacing Keluar dari Tanah Juga Terjadi di Klaten & Sukoharjo

Isolasi Lingkungan

Terkait isolasi wilayah di Gajahan, Juliyatmono, mengatakan akan menerapkan tindakan yang sama seperti di Paulan dan Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar.

Kawasan sekitar tempat tinggal yang bersangkutan akan diisolasi selama 14 hari dan dijaga oleh Satgas Covid-19. Meskipun begitu, dia belum menerima data jumlah keluarga yang akan menjalani isolasi.

1 Lagi Alumni Ijtima Gowa Positif Covid-19, Warga Kedunglumbu Solo

“Orangnya di dalam rumah punya anak kecil juga. Aturannya sama akan kami isolasi dan akan kami salurkan bantuan sembako untuk mencukupi kebutuhan pokok sehari-hari. Saat ini saya sedang menunggu perkembangannya,” kata dia.

Adanya tambahan satu pasien Covid-19 di Gajahan, Colomadu, membuat total jumlah pasien positif virus corona di Karanganyar menjadi lima orang. Dua di antara lima orang tersebut berasal dari Mojogedang dan meninggal dunia.

Ribuan Cacing Keluar dari Tanah, Bertebaran di Trotoar Pasar Gede Solo

Hingga saat ini jumlah ODP di Karanganyar sebanyak 142 orang, PDP 26 orang, dan pasien positif lima orang serta 3 PDP meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya