SOLOPOS.COM - Proses pemulasaran jenazah pasien Covid-19 di Kecamatan Jatiroto, Wonogiri, Selasa (8/6/2021). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI -- Seorang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 asal Kecamatan Jatiroto, Wonogiri, meninggal dunia saat menjalani isolasi mandiri di rumahnya, Selasa (8/6/2021).

Pasien berjenis kelamin perempuan itu meninggal dunia saat akan dijemput petugas atau tenaga medis untuk menjalani perawatan ke rumah sakit.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

"Ya ada [pasien positif Covid-19 meninggal saat isolasi mandiri]. Selasa sore jenazah dimakamkan oleh tim pemakaman dengan protokol kesehatan ketat," kata Camat Jatiroto, Suparmo, saat dihubungi Solopos.com, Selasa.

Baca Juga: Siap-Siap! 8 Pejabat Pemkab Wonogiri Akan Dimutasi, Ini Daftarnya

Suparmo mengungkapkan pasien positif Covid-19 berusia sekitar 50 tahun asal Wonogiri yang meninggal dunia itu mempunyai riwayat perjalanan ke Jogja. Sepulang dari Jogja, warga Jatiroto itu mengalami gejala yang mengarah ke Covid-19.

Setelah menjalani pemeriksaan, perempuan itu dinyatakan positif Covid-19. Menurutnya, meski hasilnya tesnya positif, pasien tersebut mengaku kondisinya kuat. Padahal ia memiliki penyakit bawaan (komorbid) diabetes mellitus.

Namun, pasien itu memiliki menjalani isolasi mandiri di rumah. Ia menjalani isolasi mandiri di rumah yang terpisah dengan anggota keluarga lainnya. Lokasi rumah tersebut di samping rumah yang dihuni anggota keluarganya.

Baca Juga: Tunarungu di Giritontro Wonogiri Berhasil Bikin Alat Canggih Pendeteksi Sumber Air

Sempat Menghubungi Rumah Sakit

Kondisi pasien positif Covid-19 asal Jatiroto, Wonogiri, yang meninggal dunia itu pun masih bisa dipantau keluarganya karena berdekatan. Setelah beberapa hari menjalani isolasi mandiri, pada Selasa sekitar pukul 08.30 WIB, pasien merasakan gejala yang semakin parah.

Kondisi itu diinformasikan kepada bidan dan pemerintah desa setempat. Pemerintah desa kemudian menghubungi RS Amal Sehat Slogohimo dan Puskesmas setempat.

Tujuannya agar ada petugas dan ambulanas yang menjemput pasien ke rumahnya. Saat tengah disiapkan, pukul 09.00 WIB keluarga pasien menelepon dan mengabarkan bahwa pasien sudah meninggal dunia.

Baca Juga: Sragen Zona Merah, Pasien Positif Covid-19 Dilarang Isolasi Mandiri di Rumah

Pemulasaran jenazah pasien asal Jatiroto itu dilakukan sukarelawan dan petugas Puskesmas sesuai dengan protokol Covid-19.

"Kami berharap jika ada warga yang menjalani isolasi mandiri dan merasakan gejala semakin berat agar segera melapor. Agar penanganan yang diberikan bisa berjalan cepat," kata Suparmo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya