SOLOPOS.COM - Ikuti panduan isolasi mandiri dari Kemenkes. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Kementerian Kesehatan memperluas layanan konsultasi dokter dan penyediaan obat gratis bagi para pasien yang isolasi mandiri atau isoman di 8 kota di Jawa dan Bali, salah satunya Kota Solo.

Sebelumnya sejak awal Juli 2021, layanan telemedisin diujicobakan di DKI Jakarta kemudian diperluas sehingga mencakup wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain Jabodetabek, kini penggunaan layanan telemedisin ini diperluas lagi, antara lain Kota Karawang, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Solo, Kota Yogyakarta, Kota Surabaya, Kota Malang, dan Kota Denpasar.

Baca Juga: Cegah Covid-19, IKA UNS Sasar 20 Pasar Tradisional di Solo

Ekspedisi Mudik 2024

Sebagaimana dikutip dari laman indonesia.go.id, Kamis (5/8/2021), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerja sama dengan 11 platform layanan telemedisin atau telemedicine menyediakan layanan konsultasi daring dan penyediaan obat gratis bagi para pasien yang isolasi mandiri atau isoman.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan mulai 22 Juli 2021, Kemenkes RI memperluas jangkauan penggunaan layanan telemedisin di wilayah Jawa dan Bali. Meskipun demikian, penggunaannya baru menjangkau skala perkotaan di wilayah tersebut.

Ada 11 platform telemedisin di Indonesia yang bekerjasama dengan Kemenkes antara lain Halodoc, YesDok, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, Klinikgo, Link Sehat, Milvik, Prosehat, dan Getwell.

Untuk mendapatkan layanan ini, pasien harus melakukan tes PCR/Antigen di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan. Saat ini sudah ada 742 laboratorium yang terafiliasi dengan NAR Kemenkes.

Baca Juga: Stok Vaksin Covid-19 Menipis, Pemkot Solo Tarik Rem

Masyarakat bisa mengecek laboratorium di seluruh tanah air yang terafiliasi ke Kemenkes melalui tautan https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/pengumuman/20210704/0838027/kmk-no-hk-01-07-menkes-4642-2021-tentang-penyelenggaraan-laboratorium-pemeriksaan-covid-19/.

Pasien isoman di Kota Solo bisa mengikuti alur layanan telemedisin sebagai berikut agar bisa mendapatkan layanan konsultasi dokter dan obat gratis. Pertama pasien melakukan tes RT-PCR/swab antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes.

Jika hasil tesnya positif dan laboratorium melaporkan hasilnya ke database kasus positif Covid-19 di Kemenkes (NAR), maka pasien akan menerima pesan WhatsApp (WA) dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.

Data ini wajib dilaporkan setiap laboratorium penyedia layanan tes Covid-19 ke Kemenkes. Kasus positif adalah pasien yang memiliki hasil positif tes swab reserve transcription polymerase chain reaction (RT-PCR) dari tujuh hari ke belakang atau tes swab antigen positif dari dua hari terakhir.

Baca Juga: Kunjungi Solo, Anggota DPR ini Soroti Kesenjangan Capaian Vaksinasi Covid-19 Antardaerah

Namun, apabila tidak mendapatkan WA pemberitahuan, pasien bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id. Setelah dapat WA pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 11 layanan telemedisin.

Caranya tekan tautan yang ada di pesan WA dari Kemenkes atau di link yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan, lalu memasukkan kode voucher supaya bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya