SOLOPOS.COM - Ilustrasi upaya mengantisipasi persebaran Covid-19 varian Omicron. (Freepik.com)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kasus Covid-19 di Karanganyar kembali melambung. Data per Senin (7/2/2022) terdapat 53 kasus baru Covid-19 di Bumi Intanpari dengan tambahan satu pasien meninggal dunia. Sementara ada tiga pasien yang dinyatakan sembuh.

Penambahan kasus pada Senin kemarin dua kali lipat dibandingkan Minggu (6/2/2022) yang “hanya” bertambah 25 kasus. Dengan demikian, kini total ada 220 kasus aktif Covid-19 di Karanganyar. Dari jumlah tersebut, sebanyak 201 warga menjalani isolasi mandiri karena tanpa gejala. Sementara sebanyal 19 orang dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Data tersebut tersaji di akun Instagram Dinas Kesehatan, @dinkeskaranganyar, Selasa (8/2/2022).

Di sisi lain, tahun ini Pemkab Karanganyar tidak mengalokasikan anggaran pengadaan logistik untuk bantuan warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Baca Juga: Maaf, Tidak Ada Bantuan Logistik Bagi Warga Isoman di Karanganyar

Sebagai solusi, Pemkab meminta pogram Jaga Tangga di masing-masing wilayah diminta kembali diaktifkan. Selain sebagai jaring pengaman sosial, Jaga Tangga berperan dalam jaring keamanan dan ekonomi melalui partisipasi aktif warga.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar, Sutarno, kepada Solopos.com, Selasa (8/2/2022). Menurut Sekda, program Jaga Tangga diaktifkan kembali sembari menunggu kebijakan Pemkab Karanganyar mengenai dropping bantuan logistik bagi warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman).

“Kami baru koordinasi untuk bantuan logistik warga isoman. Koordinasi melibatkan OPD [organisasi perangkat daerah] terkait,” kata Sekda.

Ia masih menunggu kebijakan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, dalam pengadaan bantuan logistik berupa sembako untuk menyuplai makanan warga yang menjalani isoman.

“Pengadaan membutuhkan dasar hukum dengan mekanisme yang sesuai aturan. Jadi kami mohon masyarakat bersabar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya