SOLOPOS.COM - Anggota TNI mendirikan tenda untuk istirahat petugas yang melakukan pengamanan Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Senin (7/6/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, BOYOLALI -- Jumlah pasien konfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala atau OTG asal Kudus terus berdatangan untuk menjalani karantina di tempat isolasi terpusat Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Hingga Senin (7/6/2021) malam, jumlah sudah mencapai 216 orang. Mereka datang dalam tiga gelombang. Gelombang pertama pada Minggu (5/6/2021), gelombang kedua pada Senin siang dan gelombang ketiga tiba pada Senin malam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pemindahan pasien ini akan terus berlangsung secara bertahap. Total ada 1.280 OTG dari Kudus yang akan menjalani isolasi mandiri di Asrama Haji Donohudan.

Baca Juga: Datang Lagi, Total Sudah 216 Pasien Covid-19 Asal Kudus Masuk Donohudan Boyolali

Sementara itu, untuk menjamin keamanan pasien positif Covid-19 asal Kudus yang menjalani isolasi, Asrama Haji Donohudan dijaga pengamanan ketat berlapis. Pada lapis pertama ditempatkan petugas kesehatan (nakes) di gedung isolasi.

Mereka memakai baju alat pelindung diri (APD) lengkap. Tugas utama mereka memantau kesehatan para pasien. Sementara itu, pada lapis kedua dijaga petugas polisi dan TNI dari Polres dan Kodim 0724/Boyolali.

Mereka bertugas melakukan penjagaan di sekitar gedung isolasi. Sedangkan pada lapis ketiga juga ditempatkan petugas polisi dan TNI. Mereka ditempatkan di pintu masuk untuk menjaga orang luar agar tidak memasuki area asrama.

Baca Juga: Rombongan Kedua Pasien Covid-19 dari Kudus Tiba, Kapolda Cek Asrama Haji Donohudan

Antisipasi Kemungkinan Pasien Kabur

Kapolres Boyolali, AKBP Morry Ermond mengatakan aparat juga bertugas memantau pasien positif Covid-19 dari Kudus di Asrama Haji Donohudan dari kemungkinan kabur.

"Aparat Polri dan TNI ada di lapis kedua dan lapis ketiga. Mereka mengantisipasi orang luar yang ingin masuk ke asrama maupun memantau pasien yang mungkin ingin kabur, " ujarnya saat ditemui di Asrama Haji Donohudan, Senin.

Morry juga memastikan layanan pasien Covid-19 di asrama terjamin. Hal ini ia ungkapkan menanggapi video yang beredar yang menyebutkan pelayanan makanan untuk pasien tidak memuaskan.

Baca Juga: ASN dan Keluarganya Jadi Rombongan Kedua Pasien Covid-19 Kudus yang Masuk Donohudan

"Kami pastikan makanan di sini untuk pasien terjamin. Makanan dari katering yang menunya baik. Kendaraan pembawa makanan keluar-masuk asrama juga semua disemprot [disinfektan]. Makanan untuk petugas dibuat secara khusus di dapur lapangan yang kami siapkan juga di sini," jelasnya.

Pada sisi lain, sejumlah warga di sekitar Asrama Haji Donohudan mengaku tidak khawatir dengan keberadaan pasien Covid-19 asal Kudus di sekitar mereka.

Nyonya Bibit, salah seorang warga yang tinggal di utara asrama, tetap beraktivitas seperti biasa sejak asrama diisi pasien Covid-19. "Tidak khawatir. Yang penting tetap jaga kesehatan. Mereka [pasien] kan tetap berada di dalam. Aman lah," ujarnya.

Baca Juga: 1 Pasien Covid-19 Asal Kudus di Donohudan Boyolali Dirujuk ke RS DKT Solo

Pedagang Sekitar Asrama Diimbau Tidak Berjualan

Camat Ngemplak, Kariyono, mengatakan bersama pemerintah desa setempat berkoordinasi dengan paguyuban PKL depan Asrama Haji Donohudan terkait aktivitas perdagangan mereka.

"Mereka diimbau agar tidak berjualan di sekitar lokasi karantina selama proses karantina pasien OTG asal Kudus untuk mengantisipasi penularan Covid-19," ujarnya.

Masjid Al Masjid Al-Mabrur di dalam kompleks asrama haji juga ditutup untuk umum. "Sementara masjid Al Mabrur jiga ditutup sementara untuk umum," imbuhnya.

Baca Juga: Gelombang I Pasien Covid-19 Kudus Masuk Asrama Haji Donohudan 69 Orang, Ini Kondisinya

Sementara itu, Penanggung Jawab Isolasi Mandiri Asrama Haji Donohudan, Sigit Armunanto, mengatakan kegiatan pasien selama di asrama antara lain olahraga pagi dan kegiatan seperti bersih-bersih gedung.

"Agar mereka tidak bosan, pagi mereka olahraga bersama. Nanti hari Selasa atau Kamis kami datangkan grup musik akustik untuk menghibur mereka. Tapi posisi mereka berjarak. Nanti pasien bisa berkaraoke juga. Ini hiburan untuk mereka supaya tidak bosan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya