SOLOPOS.COM - Petugas ambulans tiba di depan ruang Pinere, RSUP Persahabatan, Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (12/3/2020). (Antara/Andi Firdaus).

Solopos.com, JAKARTA -- Kabar pasien corona kabur dari rumah RS Persahabatan, Jakarta Timur, telah dikonfirmasi oleh pimpinan rumah sakit. Pasien tersebut kini telah kembali ke ruang isolasi RS tersebut.

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Pulogadung, Jakarta Timur, memastikan pasien terjangkit virus corona atau Covid-19 itu sudah kembali. "Pasiennya sudah kembali ada di RSUP Persahabatan," ujar Dirut RSUP Persahabatan Rita Rogayah melalui pesan singkat di Jakarta, Jumat (13/3/2020), pukul 16.45 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun Rita belum memberikan penjelasan terkait alasan pasien itu keluar dari rumah sakit tanpa izin. Dokter spesialis paru RSUP Persahabatan Erlina Burhan menyampaikan kronologi kaburnya pasien terjangkit Covid-19 dari ruang isolasi Pinere.

Pasien Positif Corona Kabur dari RS Persahabatan Jakarta

"Mungkin minggu yang lalu [kejadiannya]," ujarnya.

Erlina mengatakan ruang isolasi bagi pasien terjangkit virus corona tidak memiliki sistem pengamanan yang ketat. "Jadi di ruang isolasi juga enggak kaya penjara yang dikunci pake gembok," katanya.

Erlina mengatakan ada keluarga yang sengaja menjemput pasien tersebut melalui pintu depan. Saat pasien yang diketahui berjenis kelamin perempuan itu melintas, petugas keamanan lengah, sehingga pasien corona kabur dari RS Persahabatan.

"Kita tahu sesudah dia keluar. Ada juga tempat masuknya karena pasien harus masuk dari depan. Begitu masuk, petugas meleng, udah keluar, udah ada keluarga," katanya.

Lonjakan Pasien Positif Corona: Dari 34 Jadi 69 Kasus

Pasien itu dinyatakan kabur dari rumah sakit, sebab RSUP Persahabatan tidak pernah memberikan izin pasien keluar. Erlina menambahkan pasien asal Jakarta itu diinformasikan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta positif terinfeksi Covid-19.

"Kami dapat dari Dinkes, kata Dinkes begitu [positif Covid-19]," katanya saat ditanya terkait kepastian pasien itu terjangkit virus corona.

Bantah Kabur

Meski pasien kabur dari RS Persahabatan itu dikonfirmasi pihak RS, pemerintah justru membantahnya. Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona (Covid-19) Achmad Yurianto menekankan tidak ada pasien positif virus corona yang kabur dari RS Persahabatan.

"Tanya RS kaburnya kapan. Berapa hari dia kabur. Kabur cuma sehari kok dibilang kabur," ujar Yurianto kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.

Pasien Positif Corona Meninggal, Pemkot Solo Kumpulkan Warga Semanggi

Yurianto menjelaskan yang sebenarnya terjadi adalah yang bersangkutan belum selesai didiagnosa, kemudian memutuskan untuk pulang terlebih dulu. Yurianto pun belum menjelaskan lebih detail mengenai pasien yang sebelumnya disebut-sebut kabur dari RS tersebut.

Adapun, jumlah pasien positif Covid-19, di Tanah Air hingga Jumat siang sebanyak 69 orang. Jumlah ini bertambah sebanyak 35 orang dari total 34 pasien positif Covid-19, yang diumumkan Rabu (11/3/2020) lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya