SOLOPOS.COM - Tenaga medis menangani pasien Covid-19. (Reuters)

Solopos.com, SOLO -- Seorang pasien Covid-19 asal Kudus meninggal dunia di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Solo seusai dirujuk dari tempat isolasi terpusat Asrama Haji Donohudan Boyolali.

Pasien itu dirujuk pada Selasa (8/6/2021) dan meninggal dunia pada Rabu (9/6/2021) malam. Juru bicara Tim Covid-19 RSJD Solo, Maria Rini Indriarti, mengatakan RSJD merupakan RS rujukan lini kedua Covid-19 di Provinsi Jawa Tengah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Maria menjelaskan pada Selasa, RSJD menerima rujukan tujuh orang pasien dari Isolasi Terpusat Asrama Haji Donohudan. Kemudian pada Kamis (10/6/2021) menerima rujukan stau orang pasien lagi.

Baca Juga: Dirujuk ke RS, 1 Pasien Covid-19 Asal Kudus Meninggal di Solo

Sehingga total rujukan dari Asrama Haji Donoohudan ada delapan orang. "Salah satu pasien laki-laki asal Kudus yang dirujuk pada Selasa itu mengalami sesak napas, gelisah, dan dirawat di ruang ICU Covid-19 RSJD,” katanya dalam rilis yang diterima Solopos.com, Kamis.

Pasien Covid-19 asal Kudus yang meninggal dunia tersebut mempunyai komorbid hipertensi, diabetes melitus (DM), dan gangguan pada jantung. Kamis malam, pasien tersebut mengalami perburukan kondisi.

Tata Laksana Perawatan

Kemudian dilakukan penanganan medis tetapi tidak berhasil. Pada pukul 24.00 WIB pasien dinyatakan meninggal dunia. Kepala Instalasi Humas dan Pemasaran RSJD, Dedy Ari Widiyanto, mengatakan pasien itu memang datang dalam keadaan baik, Rabu sore.

Baca Juga: Jumlah Pasien Covid-19 di Asrama Haji Donohudan Capai 571 Orang, Mayoritas dari Kudus

Kemudian saturasinya menurun menjadi kurang dari 90 sehingga harus masuk ICU. Setelah dilakukan tata laksana perawatan, kondisi pasien tersebut kembali menurun sekitar pukul 23.00 WIB. “Lalu dilakukan tindakan medis sekitar satu jam. Pada Rabu pukul 24.00 WIB dinyatakan meninggal,” jelasnya.

Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, total ada 16 orang positif Covid-19 asal Kudus di Asrama Haji Donohudan Boyolali yang dirujuk ke RS di wilayah Solo hingga Kamis (10/6/2021). Satu dari 16 pasien itu meninggal dunia di RSJD Solo.

Dokter penanggung jawab pusat isolasi Asrama Haji Donohudan, Sigit Armunanto, mengatakan saat ini ada 571 pasien Covid-19 di Asrama Haji. Jumlah itu mayoritas berasal dari Kudus. Perinciannya 153 pasien asal Soloraya dan 418 pasien asal Kudus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya