SOLOPOS.COM - RSUD dr Sardjito Jogja. (detik.com)

Solopos.com, SLEMAN — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengganti Direktur Utama RSUP dr Sardjito, Rukmono Siswishanto. Rukmono mulai Senin (12/7/2021) dikabarkan menduduki posisi baru sebagai Direktur Utama Rumah Sakit Jiwa Prof. dr. Soerojo Magelang.

Adapun penggantinya, dr. Eniarti, M.Sc., Sp.KJ., M.M.R. merupakan mantan Direktur Utama Rumah Sakit Jiwa Prof. dr. Soerojo Magelang. Kabar pergantian dirut ini dibenarkan Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Terkait informasi pergantian Direktur Utama RSUP dr Sardjito, kami sampaikan bahwa siang tadi [kemarin] Senin jam 12.00 WIB Bapak Menteri Kesehatan telah melantik pejabat JPT Pratama di lingkungan Kementerian Kesehatan,” kata Banu saat dikonfirmasi awak media, Senin.

Baca Juga: Dihajar Mobil, Pengendara Motor di Kulonprogo Cedera Kepala

Diduga, pergantian tersebut ada hubungannya dengan rentetan kejadian krisis oksigen di rumah sakit pelat merah itu. Peristiwa yang terjadi awal Juli ini pun menyedot perhatian publik.

Saat itu, Rukmono meminta bantuan Kemenkes terkait krisis oksigen yang terjadi awal Juli lalu. Stok oksigen yang menipis berdampak pada meninggalnya puluhan pasien Covid-19. Awalnya RSUP dr Sardjito menyebut jumlah pasien yang meninggal sebanyak 63 pasien.

Angka tersebut direvisi menjadi 33 pasien setelah dilakukan penghitungan ulang jumlah pasien yang meninggal terkait krisis oksigen yang terjadi.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Pemkot Jogja Siapkan SD untuk Shelter

Namun dugaan tersebut ditepis oleh Banu. Menurut Banu, pergantian ini merupakan rotasi jabatan biasa, dan itu hal lumrah terjadi di lingkungan Kementerian Kesehatan sebagai penyegaran organisasi di lingkungan Kementerian Kesehatan RI. “Yang diganti hanya Dirut,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya