SOLOPOS.COM - Ilustrasi panorama Hong Kong. (www.freepik.com/photo created by lifeforstock)

Solopos.com, JAKARTA–Layanan kereta api berkecepatan tinggi yang menghubungkan Hong Kong dan China daratan kembali dibuka, Minggu (15/1/2023). Pembukaan kembali ini menjadi yang pertama kalinya sejak pandemi Covid-19 merebak pada pengujung Maret 2020 lalu.

Antusiasme masyarakat pun terasa. Banyak dari mereka yang merasa lega, sebab bisa kembali pulang ke kampung halaman pada momen Tahun Baru Imlek dengan mudah. “Selama tiga tahun terakhir akibat pandemi, tidak mudah untuk masuk ke China dengan cara apapun. Aku sudah lama tidak bisa pulang,” ujar seorang warga asal Kota Guangzhou sebagaimana dikutip dari Channel News Asia, Minggu (15/1/2023).

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Hampir seluruh tiket kereta yang akan diberangkatkan pada pembukaan perdana ludes. Kepala Operasi Lintas Batas Operator MTR Corp Cheung Chi-keung menuturkan hingga pagi, terdapat sekitar 1.400 orang yang telah memulai perjalanan mereka melalui Stasiun West Kowloon.

Sebenarnya, masih ada pro dan kontra. Sebab, pembukaan kembali dilakukan di tengah gelombang besar infeksi Covid-19 seusai dicabutnya kebijakan lockdown pada awal Desember 2022.

Satu hari sebelum kereta berkecepatan tinggi kembali dioperasikan, otoritas kesehatan China bahkan mengatakan bahwa hampir 60.000 orang dinyatakan meninggal dunia akibat Covid-19 sejak akhir tahun lalu. Sebelumnya, kereta api berkecepatan tinggi ini resmi memulai tahap uji coba pertamanya, Selasa (3/1/2023).

Kereta berkecepatan tinggi melintas di jalur yang berjarak sekitar 141 km, yang mencakup jalur di Hong Kong sepanjang 26 km serta rel kereta sepanjang 115 km di wilayah China daratan.

Kereta tersebut memfasilitasi penduduk Hong Kong yang akan melakukan perjalanan langsung ke 44 stasiun di China daratan. Antara lain adalah Stasiun di Beijing, Shanghai, Zhengzhou, Wuhan, Shijiazhuang, Provinsi Hubei di China tengah, serta Xiamen dan Fuzhuo di Provinsi Fujian. 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Covid-19: Kereta Cepat China-Hong Kong Beroperasi Jelang Imlek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya