SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pasar (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SEMARANG — Salah satu pasar tradisional di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) akan menerapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk. Pasar tersebut adalah Pasar Wonodri yang berada di Jalan Wonodri Baru Raya, Kecamatan Semarang Selatan.

Kepala Pasar Wonodri Kota Semarang, Ahmad Munif, mengatakan Pasar Wonodri merupakan satu di antara 6 pasar di Indonesia yang akan menerapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Pemilihan Pasar Wonodri dilakukan langsung pemerintah pusat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Munif mengaku untuk menerapkan aplikasi PeduliLindungi itu, Pasar Wonodri sebenarnya sudah sangat mampu. Hal ini dikarenakan sudah ada sekitar 421 pedagang di pasar tersebut yang melakukan vaksinasi Covid-19. Sementara, total pedagang yang ada di Pasar Wonodri mencapai 773 orang.

Baca juga: Pasar Tradisional Kudus Bergeliat, Pembeli Luar Daerah Berdatangan

“Kemarin kami mengajukan kuota 500, tapi ternyata ada yang sudah terjadwal vaksin di RT masing-masing. Kemarin ada 421 pedagang yang mengikuti vaksinasi,” ujar Ahmad Munif, dikutip dari laman Internet Pemkot Semarang, Selasa (5/10/2021).

Kesiapan sarana dan prasarana sudah mulai dilakukan, termasuk koordinasi dengan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, dan Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang.

Ditanya terkait kapan akan diterapkan, Munif mengaku masih menunggu intruksi dari Kementerian Kesehatan. Rencana, sebelum resmi diterapkan Pasar Wonodri Semarang akan ditinjau langsung pihak Kemenkes dan Kementerian Perdagangan terkait penerapan aplikasi PeduliLindungi di pasar tradisional.

“Kami juga akan menyosialisasikan yang belum vaksin, bukan berarti tidak boleh masuk. Tapi, kami beri sosialisasi yang terbaik. Kami juga rutin mengecek pedagang dan pembeli melalui aplikasi itu. Cuma, memang selama ini belum ada QR code-nya,” bebernya.

Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi Belum Jadi Syarat Masuk Pasar di Sleman

Seperti diketahui, Penggunaan aplikasi PeduliLindungi akan merambah ke pasar rakyat atau tradisional. Kebijakan tersebut untuk memberikan rasa aman bagi pengunjung pasar tradisional di tengah kondisi pandemi Covid 19.

Uji coba penerapan aplikasi PeduliLindungi akan dilaksanakan di enam pasar tradisional. Selain Pasar Wonodri Semarang, penggunaan aplikasi tersebut juga akan diterapkan di Pasar Mayestik dan Pasar Blok M di Jakarta, Pasar Baltos di Kota Bandung, Pasar Modern BSD di Tangerang Selatan, dan Pasar Modern 8 Alam Sutera di Kota Tangerang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya