SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Ilustrasi/dok

JOGJA—Kecanggihan teknologi informasi atau TI yang makin pesat membuat persaingan di bidang gadget makin ketat. Akibatnya produk yang sempat populer akhirnya tersisih karena ada yang baru. Misalnya notebook atau laptop yang kini kian tersisih dengan hadirnya tablet.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal ini turut dirasakan beberapa vendor komputer jinjing ini. Salah satunya Store Manager Acer Center Demangan Anton Indi mengatakan popularitas laptop kini makin menurun. “Penjualannya relatif stabil, tapi memang semakin lama pembelinya menurun. Memang munculnya tablet mulai menggeser laptop,” katanya kepada Harian Jogja, Senin (4/2/2013) di pameran NIX 2013 di Jogja Expo Center (JEC).

Ekspedisi Mudik 2024

Anton mengungkapkan vendor komputer ini setidaknya mengalami penurunan penjualan mencapai 10% hingga 20%. Dalam kurun waktu beberapa tahun ini, tak dipungkiri popularitas tablet semakin mengancam pasar laptop.

Pada 2012 lalu, kata dia, penurunan penjualan produk laptop ini cukup drastis. “Memang untuk segmen pembelinya akan berbeda. Orang yang cenderung mencari kebutuhan office dan perkuliahan akan cenderung memilih laptop, tapi yang mencari kepraktisan akan memilih tablet. Pasarnya sudah berbeda,” tandas Anton.

Penurunan tajam justru lebih dirasakan vendor komputer Dell. Marketing Aizza Komputer Lina mengatakan setidaknya penurunan penjualan laptop di vendornya mencapai lebih dari 50%. Munculnya Windows baru, Windows 8, kata dia, turut mendorong turunnya penjualan laptop.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya