SOLOPOS.COM - Bekas pemakaman Bong Mojo di Jebres, Solo, yang bakal dibangun pasar untuk menampung pedagang Pasar Mebel Gilingan Solo, Kamis (13/1/2022). (Solopos/Ika Yuniati)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota Solo bakal membangun pasar mebel pengganti Pasar Mebel Gilingan di bekas makam Bong Mojo sisi timur, Kelurahan/Kecamatan Jebres, Solo. DPRD Solo berharap Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berusaha mendapatkan pendanaan untuk pembangunan pasar tersebut dari pemerintah pusat.

Ketua Komisi II DPRD Solo, Honda Hendarto, mengatakan Pemkot merencanakan pembangunan pasar di lahan di atas 15.000-16.000 meter persegi tersebut pada 2023. “Memilih timur karena yang kosong timur. Yang barat masih ada badan makam,” katanya kepada Solopos.com di Kantor Kelurahan Jebres, Senin (27/6/2022) siang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ditanya berapa anggaran yang dibutuhkan untuk membangun pasar mebel tesebut, Honda mengaku tidak hafal. Namun ia berharap Pemkot Solo dapat melobi pemerintah pusat untuk pendanaan pembangunan pasar tersebut.

“Anggaran [APBD] 2023 tempat kami belum bisa dipastikan. Saya berharap Mas Wali bisa melobi melalui DAK [Dana Alokasi Khusus] ke kementerian,” ungkapnya.

Menurut Honda, jika Pemkot Solo bisa mendapatkan pendanaan pembangunan pasar mebel di lahan eks Bong Mojo itu dari pemerintah pusat, APBD Solo bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Baca Juga: Tempati Eks Bong Mojo, Ini Anggaran Pembangunan Pasar Mebel Solo

Honda mengatakan lahan eks Bong Mojo sisi timur sebenarnya sudah dipersiapkan untuk Kantor Kelurahan Jebres setelah ada pemekaran menjadi dua wilayah nanti. Persiapan itu sudah sejak era Wali Kota FX Hadi Rudyatmo. Badan makam pun telah dipindahkan.

Garasi Dishub

Selain itu, lanjut Honda, lokasi itu juga akan dibangun garasi kendaraan milik Dinas Perhubungan Kota Solo dan bangunan untuk pembibitan pohon Dinas Lingkungan Hidup. Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Ahyani, mengatakan pasar mebel akan didirikan di lahan eks Bong Mojo sisi timur.

Lahan itu sudah bersih dari badan makam. Diberitakan Solopos.com, Senin (23/5/2022), Pemkot Solo menyiapkan anggaran senilai Rp20 miliar untuk membangun pasar mebel di lahan eks Bong Mojo. Pembangunan pasar itu untuk menampung pedagang Pasar Mebel Gilingan.

Baca Juga: Pindah Ke Kios Darurat, Pedagang Pasar Mebel Solo Ngeluh Terlalu Sempit

Rencananya, pembangunan pasar mebel itu dimulai pada Februari 2023 hingga selesai Agustus tahun yang sama. Seperti diketahui, Pemkot Solo akan membangun sentra IKM mebel di lahan Pasar Mebel Gilingan Solo tahun ini.

Anggaran yang disediakan mencapai kurang lebih Rp50 miliar dari DAK Kementerian Perindustrian. Sentra IKM akan menampung pedagang Pasar Mebel Gilingan yang lolos kurasi. Saat ini para pedagang Pasar Mebel Gilingan menempati lokasi darurat tak jauh dari Pasar Legi Solo sambil menunggu pasar di eks Bong Mojo selesai dibangun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya