SOLOPOS.COM - Pedagang mendirikan tenda untuk lapak berjualan saat persiapan Sekaten Solo 2022 di Alun-alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Minggu (11/9/2022) (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Sejarawan yang juga Dosen Sejarah Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Tundjung W Sutirto, menyebut acara pasar malam Sekaten yang digelar di Keraton Solo saat ini sudah jauh berbeda dibandingkan tempo dulu.

Tundjung mengatakan Sekaten adalah akulturasi antara budaya dan agama. Nuansa religius nan khidmat selalu tersaji setiap penyelenggarannya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, Sekaten juga tidak lepas dari adanya budaya pasar malam hingga panggung hiburan yang diselenggarakan di Alun-alun Utara (Alut) maupun Alun-Alun Kidul (Alkid) Keraton Solo.

Pasar malam Sekaten Solo selalu ditunggu oleh para masyarakat Solo karena biasanya pedagang menjajakan berbagai macam jajanan hingga pakaian. Ada pula wahana permainan dan panggung hiburan yang turut memeriahkan Sekaten.

Diwawancarai Solopos.com, Sabtu (10/9/2022), Tundjung menjelaskan Pasar Malam Sekaten adalah budaya dan tradisi sejak zaman Kerajaan Islam Demak. Dahulu pasar malam menjual berbagai macam komoditas pertanian hingga mainan.

Baca Juga: Jadwal Tampil Farel Prayoga, Denny Caknan dan Artis Lain di Gebyar Sekaten Solo

“Pasar malam itu dulu khusus untuk pedagang yang menjual telur asin [endog kamal], celengan, pecut, suruh dan kinang. Kemudian berkembang menjadi jualan komoditas lain, seperti pakaian, mainan, makanan, dan lainnya,” ulasnya.

Seperti diketahui, tahun ini, Pasar malam Sekaten digelar di Alut dan Alkid Keraton Solo mulai 16 September hingga 16 Oktober . Alut dibagi dua zona yang terpisah cone block di tengah.

Nantinya akan berjejer tenda-tenda pedagang dikeliling oleh wahana hiburan yang akan akan mengelilingi Alut. Namun, stan tersebut tidak hanya menjajakan makanan ataupun jajanan.

Baca Juga: 15-An Wahana Hiburan Ramaikan Pasar Malam Sekaten Solo, Ada Atraksi Hewan

Wahana Permainan

Penasihat EO Diana Ria Enterprise, Muntohar, yang dipercaya menangani acara Pasar Malam Sekaten, kepada Solopos.com, Selasa (6/9/2022), menyebut stan tidak hanya diisi penjaja makanan.

“Pedagang yang mengisi stan dalam acara Sekaten tahun ini cukup variatif, meskipun memang pedagang jajanan, makanan dan minuman tetap jadi yang dominan. Tapi ada juga di stan Sekaten nanti diler mobil, motor, baju sampai aksesori akan mengisi stan Sekaten,” ungkapnya.

Muntohar menjanjikan acara Pasar Malam Sekaten Solo tahun ini akan lebih meriah dan lebih ramai dibandingkan sebelumnya. Ia juga menyebut wahana permainan yang mengisi Pasar Malam Sekaten merupakan wahana modern.

Baca Juga: Wah! Happy Asmara hingga Denny Caknan bakal Ramaikan Sekaten di Keraton Solo

“Insyaallah Pasar Malam Sekaten akan lebih bagus dan lebih ramai dibanding sebelum-sebelumnya. Nanti wahana permainan juga akan lebih modern, seperti ada roller coaster dua, bom-bom car juga ada. Yang pasti akan lebih ramai untuk wahana permainannya,” jelasnya.

Sedangkan untuk panggung hiburan, sudah ada belasan artis dan penyanyi papan atas dan yang sedang viral memastikan mengisi panggung di Alkid. Mereka antara lain Denny Caknan, Happy Asmara, Farel Prayoga, Dara The Virgin, Abah Lala, serta sejumlah orkes melayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya