Pasar Klithikan & Pasar Burung Klaten Ditutup Selama PPKM Darurat

Pasar klithikan serta pasar burung dan ayam di Klaten ditutup selama PPKM darurat.
Pasar Klithikan & Pasar Burung Klaten Ditutup Selama PPKM Darurat
SOLOPOS.COM - Spanduk penutupan pasar klithikan di Lapangan Bonyokan, Kecamatan Jatinom atau yang dikenal dengan Pasar Legen terpasang di salah satu pintu masuk lapangan, Kamis (8/7/2021). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Pasar klithikan serta pasar burung dan ayam di Klaten ditutup selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat 3-20 Juli 2021. Sementara, pasar sapi dan kambing dipastikan masih tetap beroperasi.

Pasar yang ditutup itu seperti Pasar Legen atau pasar klithikan yang buka saban hari Legi pada penanggalan Jawa di Lapangan Bonyokan, Kecamatan Jatinom. Selain Pasar Legen, pasar burung serta pasar ayam di Jatinom sementara waktu ditutup. Selain di Jatinom, pasar klithikan, burung, serta ayam di kecamatan lainnya ikut ditutup.

Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Disdagkop dan UKM) Klaten, Didik Sudiarto, mengatakan pasar yang ditutup merupakan pasar dengan kegiatan usaha nonesensial. Penutupan itu menyesuaikan ketentuan pembatasan selama PPKM darurat.

Baca juga: Kesaksian Warga Klaten Terpapar Covid-19 Padahal Sudah Divaksin, Ayo Tetap Taat Prokes!

Sementara, pasar dengan kegiatan esensial seperti pasar tradisional yang menyediakan bahan sembako dipastikan tetap beroperasi.

“Pasar esensial termasuk pasar darurat [tempat jualan pedagang Pasar Tiga Lantai di Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara] tetap buka,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Kamis (8/7/2021).

Namun, pedagang dan pembeli diwajibkan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Selain itu, selama PPKM darurat berlangsung pasar hanya beroperasi hingga pukul 14.00 WIB.

“Setelah operasional pasar pukul 14.00 WIB, petugas melakukan penyemprotan disinfektan. Ini dilakukan setiap hari,” jelas dia.

Baca juga; Nia Ramadhani Ngaku Ditawari Narkoba Sejak Usia 14 Tahun, Tapi…

Camat Jatinom, Wahyuni Sri Rahayu, mengatakan untuk semetara waktu pasar klithikan, pasar ayam, dan pasar burung di Jatiom ditutup selama PPKM darurat.

“Sementara pasar-pasar tersebut ditutup karena bukan untuk kebutuhan pokok. Pasar Gabus tetap beroperasi. Kami sudah berkoordinasi dengan Disdagkop dan UKM Klaten,” kata Rahayu.

Sementara, pasar kambing dan sapi di Jatinom dipastikan tetap beroperasi. Pengoperasian pasar itu untuk memenuhi kebutuhan hewan kerban jelang Idul Adha. Namun, pedagang dan pembeli diwajibkan memenuhi ketentuan protokol kesehatan.

Baca juga: Gibran ‘Gemes’ Banyak Warga Ngeyel Isoman di Rumah Malah Kumpul di Wedangan

Salah satu warga, Suranti, mengatakan pemasangan spanduk pengumuman penutupan pasar klithikan di Lapangan Bonyokan atau Pasar Legen sudah dilakukan sejak Senin (5/7/2021).

“Sebenarnya besok itu [Jumat (9/7/2021)] hari pasaran Legi [pasar beroperasi]. Namun, sementara waktu pasar ditutup,” kata Suranti.

Suranti menuturkan penutupan pasar bukan kali pertama dilakukan. Pasar Legen sudah pernah ditutup pada awal pandemi Covid-19 atau Maret 2020 lalu.

“Dulu itu penutupan dilakukan selama tiga kali pasaran,” kata dia.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago