SOLOPOS.COM - Spanduk penutupan pasar klithikan di Lapangan Bonyokan, Kecamatan Jatinom atau yang dikenal dengan Pasar Legen terpasang di salah satu pintu masuk lapangan, Kamis (8/7/2021). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Pasar klithikan serta pasar burung dan ayam di Klaten ditutup selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat 3-20 Juli 2021. Sementara, pasar sapi dan kambing dipastikan masih tetap beroperasi.

Pasar yang ditutup itu seperti Pasar Legen atau pasar klithikan yang buka saban hari Legi pada penanggalan Jawa di Lapangan Bonyokan, Kecamatan Jatinom. Selain Pasar Legen, pasar burung serta pasar ayam di Jatinom sementara waktu ditutup. Selain di Jatinom, pasar klithikan, burung, serta ayam di kecamatan lainnya ikut ditutup.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Disdagkop dan UKM) Klaten, Didik Sudiarto, mengatakan pasar yang ditutup merupakan pasar dengan kegiatan usaha nonesensial. Penutupan itu menyesuaikan ketentuan pembatasan selama PPKM darurat.

Baca juga: Kesaksian Warga Klaten Terpapar Covid-19 Padahal Sudah Divaksin, Ayo Tetap Taat Prokes!

Sementara, pasar dengan kegiatan esensial seperti pasar tradisional yang menyediakan bahan sembako dipastikan tetap beroperasi.

“Pasar esensial termasuk pasar darurat [tempat jualan pedagang Pasar Tiga Lantai di Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara] tetap buka,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Kamis (8/7/2021).

Namun, pedagang dan pembeli diwajibkan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Selain itu, selama PPKM darurat berlangsung pasar hanya beroperasi hingga pukul 14.00 WIB.

“Setelah operasional pasar pukul 14.00 WIB, petugas melakukan penyemprotan disinfektan. Ini dilakukan setiap hari,” jelas dia.

Baca juga; Nia Ramadhani Ngaku Ditawari Narkoba Sejak Usia 14 Tahun, Tapi…

Camat Jatinom, Wahyuni Sri Rahayu, mengatakan untuk semetara waktu pasar klithikan, pasar ayam, dan pasar burung di Jatiom ditutup selama PPKM darurat.

“Sementara pasar-pasar tersebut ditutup karena bukan untuk kebutuhan pokok. Pasar Gabus tetap beroperasi. Kami sudah berkoordinasi dengan Disdagkop dan UKM Klaten,” kata Rahayu.

Sementara, pasar kambing dan sapi di Jatinom dipastikan tetap beroperasi. Pengoperasian pasar itu untuk memenuhi kebutuhan hewan kerban jelang Idul Adha. Namun, pedagang dan pembeli diwajibkan memenuhi ketentuan protokol kesehatan.

Baca juga: Gibran ‘Gemes’ Banyak Warga Ngeyel Isoman di Rumah Malah Kumpul di Wedangan

Salah satu warga, Suranti, mengatakan pemasangan spanduk pengumuman penutupan pasar klithikan di Lapangan Bonyokan atau Pasar Legen sudah dilakukan sejak Senin (5/7/2021).

“Sebenarnya besok itu [Jumat (9/7/2021)] hari pasaran Legi [pasar beroperasi]. Namun, sementara waktu pasar ditutup,” kata Suranti.

Suranti menuturkan penutupan pasar bukan kali pertama dilakukan. Pasar Legen sudah pernah ditutup pada awal pandemi Covid-19 atau Maret 2020 lalu.

“Dulu itu penutupan dilakukan selama tiga kali pasaran,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya