SOLOPOS.COM - Suasana Pasar Hewan Sunggingan di Desa Jelok, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, yang lebih dulu diujicoba untuk diibuka, Senin (29/8/2022).(Solopos.com/Ni’matul Faizah).

Solopos.com, BOYOLALI – Pembukaan pasar hewan di Boyolali berlanjut. Kali ini Pasar Hewan Purworejo di Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali akan dibuka, Sabtu (10/9/2022). Setelah sebelumnya Pasar Sunggungan, di Desa Jelok, Kecamatan Cepogo, Boyolali dibuka lebih dulu.

Uji coba pembukaan Pasar Hewan Nogosari akan disertai beberapa aturan. Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, Lusia Dyah Suciati, mengungkapkan uji coba akan dilaksanakan pada Sabtu Wage.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jam operasional pasar dimulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 15.00 WIB,” kata Lusi dalam kepada Solopos.com via WhatsApp, Senin (5/9/2022).

Lebih lanjut, Lusi mengatakan pedagang yang boleh masuk ke area pasar adalah pedagang yang memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Boyolali.

Aturan selanjutnya, jelas Lusi, hewan ternaknya harus berasal dari wilayah lokal Boyolali. Ia juga mengatakan hanya hewan ternak sehat yang boleh dibawa masuk ke area pasar.

Baca juga: Pasar Hewan Sragen Dibuka Hari Ini, Sapi & Armada Wajib Didisinfektan

“Jika terdapat satu hewan ternak terindikasi PMK [Penyakit Mulut dan Kuku], maka semua ternak yang dibawa dalam satu kendaraan tersebut tidak boleh dibawa masuk ke area pasar,” terang dia.

Lusia juga mengungkapkan akan dilakukan spraying dan dipping terhadap hewan ternak yang masuk ke area pasar.

Pedagang juga membayar retribusi setiap hewan ternak yang masuk pasar sesuai tarif yang berlaku. Ia juga mengatakan pelaku pasar wajib mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan Covid-19.

“Penerbitan SKKH [Surat Keterangan Kesehatan Hewan] untuk pengiriman ternak ke luar, hanya dilayani untuk pengiriman ke Kabupaten/Kota di wilayah Jawa Tengah,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala UPT Pasar Hewan Nogosari, Erwind Wijaya, mengatakan bahwa dirinya telah melaksanakan sosialisasi aturan kepada para pedagang hewan ternak.

Baca juga: Jadi Daerah Wabah PMK, Boyolali Perpanjang Penutupan Pasar Hewan

“Tadi mendapatkan sosialisasi dan mereka juga bilang akan manut serta merasa senang Pasar Hewan Nogosari akan dibuka. Namun, memang ada pembatasan,” kata dia.

Ia mengungkapkan sehari sebelum pembukaan pasar, akan diadakan penyemprotan disinfektan ke seluruh area pasar oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Boyolali.

Pada hari pembukaan, Erwind mengatakan PMI Boyolali juga akan berada di Pasar Hewan Nogosari untuk melakukan penyemprotan.

“Saya imbau kepada para pedagang untuk mematuhi SOP [Standar Operasional Prosedur] yang ada, sehingga setelah uji coba selama tiga kali, pasar hewan bisa dibuka normal seperti sebelum wabah PMK merebak,” kata Erwind.

Baca juga: Pasar Hewan Jatinom Klaten Sepi saat Kembali Dibuka, Pembeli Kecele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya