SOLOPOS.COM - Pasar Godean, Sleman, Jumat (18/11/2022). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Solopos.com, SLEMAN — Pasar Godean, Kabupaten Sleman, bakal direvitalisasi atau dipugar pada Maret 2023. Pemerintah menganggarkan Rp106 miliar untuk proyek pemugaran pasar tradisional tersebut.

Saat proses pemugaran dilakukan, sekitar 1.900 pedagang di Pasar Godean akan dipindahkan ke tempat transit terlebih dahulu sebeluk ke pasar relokasi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindah) Sleman, Tina Hastani, mengatakan pembangunan Pasar Godean yang akan dimulai pada Maret 2023 mendatang menggunakan dana dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan dikerjakan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebelum proses pemugaran, seluruh pedagang di Pasar Godean akan dipindahkan ke tempat transit mulai pertengahan Desember 2022.

“Sosialisasi kepada pedagang sudah intens dilakukan awal November ini. Tempat relokasi ada di Desa Sidoluhur samping SD Berjo,” kata dia, Jumat (18/11/2022).

Baca Juga: Tahun 2023, Upah Minimum Pekerja di Kulonprogo Diusulkan Naik Rp3,7 Juta

Dia menjelaskan pedagang dipindahkan ke tempat transit karena pembiayaan untuk relokasi baru dianggarkan 2023 dan saat ini baru tahap pematangan lahan. Dia memperkirakan waktu untuk menunggu tempat relokasi rampung tidak akan cukup.

“Sesuai jadwal Februari. Maret, Pasar Godean sudah harus klir sehingga kami menempuh mekanisme transit pedagang sebelum masuk relokasi. Lokasi transit ada tiga tempat: Sidokarto, Kuliner Belut, dan Pasar Hobbies,” ucapnya.

Dia mengatakan tempat transit ini hanya dipakai sementara dan tempat relokasi akan lebih bagus. Pembuatan lokasi transit ini, kata Tina, sudah mempertimbangkan teknis bangunan.

“Namanya juga darurat, tapi ini sudah seperti yang sering kami pakai kalau ada revitalisasi pasar. Contohnya di Pasar Potrojayan,” ucap dia.

Baca Juga:Bawa Sajam saat Tawuran, 4 Pelajar di Jogja Ditetapkan sebagai Tersangka

Sekretaris Daerah (Sekda) Sleman Harda Kiswaya mengatakan tidak akan ada pedagang baru yang bisa masuk Pasar Godean setelah revitalisasi.

“Pedagang 1.900-an sudah dikunci, tidak ada orang baru yang bisa masuk siapa pun itu,” kata dia.

Tolak Tempat Transit

Salah satu pedagang Pasar Godean, Sigit Budi Permana, mengatakan tidak setuju dengan tempat transit. Menurutnya, lokasi transit tidak layak dan terkesan dipaksakan, sementara tempat relokasi belum ada kejelasan.

“Tidak setuju untuk transit, relokasi harus didiskusikan dengan pedagang secara transparan. Ada transit yang tidak layak dan dipaksakan,” ucapnya, Jumat (18/11/2022).

Baca Juga: Wow, Ganti Rugi Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Sudah Cair Rp1,88 Triliun

Menurutnya sosialisasi tidak merata dan hanya menyasar pedagang yang masuk ke dalam paguyuban pasar. Bersama dengan beberapa pedagang lain, Sigit mengaku tidak diundang.

“Paguyuban pedagang tidak mewakili para pemilik usaha mayoritas, karena banyak aspirasi yang tidak tersampaikan, tidak semua pedagang masuk anggota paguyuban juga,” ucap dia.

Sementara, Sekretaris Paguyuban Pedagang Pasar Godean (PPPG) Wawan Setiawan menyambut baik rencana revitalisasi dan berharap bisa berjalan lancar sesuai rencana. Dia bisa menerima rencana transit dan relokasi. Meski tidak ideal, menurutnya tempat transit bisa untuk berjualan.

“Alhamdulillah kami menyambut baik. Semoga bisa sesuai rencana. Kami harap pembangunan Pasar Induk Godean dapat selesai per Februari 2024,” ungkapnya.

Baca Juga: Cerita Sultan Jogja Tolak Miliaran Rupiah untuk Salahgunakan Tanah Kas Desa

Dia menjelaskan tempat transit memang tidak ideal karena harus terpisah di tiga lokasi. Salah satu lokasi di Sidokarto, kata Wawan, tiangnya terbuat dari bambu. Jumlah lapak juga jadi berkurang.

“Karena itu bersifat darurat harapannya berakit-rakit ke hulu berenang ke tepian. Bersakit sakit dahulu senangnya ketika bangunan Pasar Godean sudah jadi akan mendapat tempat yang layak dan baik untuk berjualan jangka panjang.”



Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Pasar Godean Dipugar, Ribuan Pedagang Akan ke Tempat Transit Sebelum Relokasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya