SOLOPOS.COM - Camat Sumberlawang, Sragen, Endang Widayanto, membeli sayuran di Pasar Rakyat Barong yang terletak di Dukuh Barong, Desa Pendem, Sumberlawang, Sragen, Rabu (5/1/2022). (Istimewa/Endang Widayanti)

Solopos.com, SRAGEN — Pasar Barong di Dukuh Barong, Desa Pendem, Sumberlawang, Sragen, diusulkan menjadi pusat oleh-oleh dan pusat jajanan khas Gunung Kemukus. Ini karena lokasinya di depan pintu gerbang objek wisata keluarga itu.

Camat Sumberlawang, Sragen, Endang Widayanti, menyampaikan pasar yang dibangun dengan anggaran Rp3,7 miliar tahun lalu itu akan menampung 80 pedagang di los dan 32 pedagang di kios. Pendataan awal, jumlah pendagang lama ada 97 orang yang terdiri 45 orang pedagang di los dan 52 pedagang di kios.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jumlah kios di bangunan baru memang tidak sama dengan jumlah pedagang di kios pasar lama karena tidak semua kios lama dibongkar. Ada sebanyak 20 kios yang tidak tersentuh pembangunan, karena masih baik. Para pedagang itu berasal dari berbagai daerah, seperti dari Gemolong, Miri, Tanon, Sumberlawang, dan Purwodadi,” jelas Endang kepada Solopos.com, Kamis (6/1/2021).

Baca Juga: Ini Waktu Terbaik Berkunjung ke Objek Wisata Gunung Kemukus

Endang menerangkan aktivitas perdagangan di pasar rakyat itu seperti pedagang di pasar tradisional lainnya. Pedagang di los biasa buka mulai Subuh hingga pukul 09.30 WIB. Namun, untuk pedagang di kios, ungkap Endang, bisa berjualan sampai pukul 13.00 WIB.

“Pasar ini diusulkan bisa bersinergi dengan objek wisata Gunung Kemukus. Lokasi pasar cukup luas. Mestinya ada plakat di pinggir jalan Solo-Purwodadi. Dengan lokasinya yang strategis di depan gerbang Gunung Kemukus maka pasar itu cocok untuk pusat oleh-oleh dan pusat jajanan khas Gunung Kemukus,” jelasnya.

Endang menerangkan penyediaan aneka oleh-oleh dan jajanan khas Gunung Kemukus bisa menggandeng usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Sumberlawang. Selain itu, Endang menyampaikan keinginan sejumlah pihak supaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen menyediakan los khusus UMKM Sumberlawang yang ada di areal parkir Objek Wisata Gunung Kemukus.

Baca Juga: Ini Dia Orang di Balik Perubahan Citra Kemukus Jadi Wisata Keluarga

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Dinkop UKM Perindag) Sragen, Cosmas Edwi Yunanto, menyampaikan Pasar Barong dibangun dengan konsep pasar rakyat. “Pasar itu rencananya diresmikan pada Januari 2022 ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya