SOLOPOS.COM - Pasangan Bajo duduk di depan makam proklamator kemerdekaan RI, Ir. Soekarno di Blitar, Jatim, Minggu (16/8) sekitar pukul 11.00 WIB. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Pasangan Bajo yang merupakan pasangan cawali-cawawali Solo dari jalur perseorangan ziarah ke makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur. Apakah ini terkait Pilkada Solo?

Ziarah ke makam pahlawan proklamasi, Ir. Soekarno atau Bung Karno, dilakukan pasangan Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo (Bajo) pada Minggu (16/8) siang. Atau sehari setelah selesainya verifikasi dukungan perbaikan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Data sementara KPU Solo, pasangan Bajo mendapat tambahan dukungan sekitar 10.000 suara. Hal itu berdasarkan verifikasi perbaikan yang dilakukan Minggu-Sabtu (9-15/8).

10.000 Dukungan Tambahan Memenuhi Syarat, Bajo Lolos Verifikasi Pilkada Solo?

Padahal kekurangan dukungan Bajo hanya 7.241 suara untuk memenuhi jumlah minimal dukungan 35.870 suara. Jumlah itu 8,5 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu tahun 2019.

Ternyata kegiatan pasangan Bajo tersebut menurut Penanggung Jawab Tim Pemenangan Pasangan Bajo, Budi Yuwono sudah dijadwalkan jauh-jauh hari. Ziarah untuk menghormati jasa Bung Karno selama masa perjuangan dan kemerdekaan. Sosok Bung Karno dinilai sangat sentral dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

10 Berita Terpopuler: Suara Dentuman Gegerkan Warga Sragen

Budi menerangkan rombongan pasangan Bajo berangkat ke Blitar pada Sabtu lalu. Sedangkan untuk ziarah ke makam Bung Karno dilakukan pada Minggu pukul 11.00 WIB.

"Rombongan berziarah tadi siang [Minggu]. Sebenarnya kami juga berencana ziarah ke makam Pak Harto di Matesih [Karanganyar]. Tapi ternyata waktunya tidak mencukupi sehingga kami tunda lain hari," terang dia.

Disinggung agenda ziarah ke makam Soeharto, menurut Budi kemungkinan pada akhir bulan ini.

11 Seniman Uji Cat Premium dari Indaco di Rutan Solo

Terpisah, Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti menyatakan hasil sementara verfak dukungan tambahan Bajo ada 10000 an dukungan yang memenuhi syarat. Dengan tambahan 10.000 dukungan, pasangan Bajo berpotensi lolos tahap verfak dan melenggang sebagai cawali-cawawali Solo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya