SOLOPOS.COM - Ilmuan Rusia melakukan perburuan partikel hantu di Danau Kaspia/businessinsider

Solopos.com, SIBERIA -- Para ilmuwan Rusia mencari eksistensi sebuah partikel yang kerap dijuluki partikel hantu, yaitu neutrinos. Untuk itu, mereka baru saja menenggelamkan sebuah teleskop khusus ke danau Baikal, danau terdalam dunia yang berlokasi di Siberia selatan.

Dijuluki partikel hantu lantaran neutrinos hampir tidak memiliki massa dan tidak punya kandungan listrik. Padahal neutrinos ini sebenarnya ada di mana-mana, akan tetapi interaksinya dengan hal lain di sekitar begitu lemah sehingga amat sukar dideteksi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Neutrinos merupakan partikel yang paling melimpah di alam semesta. Sekitar 10 triliun di antaranya melewati badan manusia setiap detik. Namun seperti dikutip dari Space.com, dan ditulis Detikinet, Jumat (26/3/2021), partikel ini uniknya cenderung melewati materi tanpa terserap seperti partikel lain.

Itulah sebabnya ilmuwan mencarinya di bawah danau Baikal, yang kedalamannya mencapai 1.700 meter. Alat deteksi neutrinos biasanya dibangun di bawah tanah sehingga tidak ada gangguan radiasi dan lainnya.

Baca Juga : Menkominfo Minta Warga Jangan Obral Sertifikat Vaksin Covid-19

Maka, air jernih dan terlindungi oleh lapisan es membuat danau Baikal dipandang tempat ideal untuk memburu neutrinos. Partikel ini memancarkan cahaya yang mungkin dapat terdeteksi oleh teleskop tersebut.

Teleskop neutrino yang dikerahkan bernama Baikal-Gigaton Volume Detector. Ia masuk di kedalaman antara 0,7 sampai 1,3 kilometer di Danau Baikal. Penelitian neutrinos diharapkan dapat membuka wawasan tentang cara kerja alam semesta serta kekuatan misterius seperti materi gelap atau dark matter.

"Danau Baikal adalah satu-satunya danau di mana Anda bisa mengerahkan teleskop neutrino karena kedalamannya. Air segar penting, demikian pula dengan kejernihannya. Dan fakta adanya lapisan es selama dua setengah bulan juga penting," cetus Bair Shoibonov, salah satu ilmuwan yang terlibat dalam riset neutrinos ini.

Baca Juga : Retyre, Ban Ritsleting Mudahkan Bersepeda Di Semua Permukaan Jalan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya