SOLOPOS.COM - Prabowo memakai sepatu (Twitter)

Partai politik Gerindra menyerukan sikapnya sebagai partai oposisi.

Semarangpos.com, SEMARANG – Partai Gerindra Jawa Tengah (Jateng) mendukung sikap Ketua Dewan Pembina sekaligus Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, yang menyatakan sikap partai untuk menjadi oposisi. Meski menjadi oposisi dan tidak bergabung dengan Koalisi Merah Putih (KMP) maupun Koalisi Indonesia Hebat (KIH), Gerindra Jateng yakin partainya tetap akan mendapat simpati dari masyarakat Indonesia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sikap oposisi Gerindra ini mencuat menyusul keputusan bubar KMP yang semula didukungnya. Beberapa partai anggota KMP saat ini telah bergabung dengan KIH sebagai koalisi partai yang berkuasa di pemerintahan. Meski demikian, Gerindra memilih untuk mengambil sikap yang berbeda. Daripada bergabung dengan KIH, Gerindra lebih cenderung memutuskan untuk menjadi partai oposisi, meski pun langkah itu tidak mendapat dukungan dari partai lain.

“Sikap Gerindra sudah jelas, kalau pun di KMP tinggal sendiri pun enggak masalah. Kami tetap jadi oposisi. Kami sudah biasa jadi oposisi. Namun, oposisi kami yang positif. Kami akan dukung kebijakan pemerintah yang sejalan dengan misi partai, tapi kalau tidak yang kami akan menentang,” ujar Ketua DPD Gerindra Jateng, Abdul Wachid, kepada wartawan seusai menggelar acara hari ulang tahun ke-8 Gerindra di Kantor DPD Gerindra Jateng, Semarang, Sabtu (6/2/2016).

Meski jadi oposisi, Abdul Wachid yakin Gerindra tetap mampu menjaga kepercayaan masyarakat pada  Pileg maupun Pilres 2019 nanti. Keyakinan ini tak terlepas dari pengalaman Gerindra pada dua pileg maupun pilpres sebelumnya.

“Pada Pileg 2009 lalu kami mampu menjaring amanat rakyat sebesar 46%. Di 2014 jumlah ini naik sekitar 12%. Maka itu, pada Pileg berikutnya kami optimistis amanat rakyat yang diberikan kepada Gerindra akan bertambah,” ujar Abdul Wachid.

Demi merealisasikan tujuan itu, Abdul Wachid pun mengaku Gerindra siap melakukan berbagai cara. Salah satunya adalah menggiatkan proses kaderisasi sebagai penggerak mesin partai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya