Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Parpol Koalisi Indonesia Bersatu Di Solo Adakan Pertemuan, Ada Apa?

Tiga parpol anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Solo mengadakan pertemuan selama dua jam di salah satu hotel di Kota Bengawan.
SHARE
Parpol Koalisi Indonesia Bersatu Di Solo Adakan Pertemuan, Ada Apa?
SOLOPOS.COM - Pimpinan Parpol Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Solo berfoto bersama seusai melakukan pertemuan dua jam di Roemahkoe Heritage Hotel Solo, Kamis (23/6/2022) malam. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Tiga partai politik (parpol) di Kota Solo yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menggelar pertemuan selama dua jam pada Kamis (23/6/2022) malam di Roemahkoe Heritage Hotel, Solo.

Mereka membahas persiapan menghadapi Pemilu 2024. Pertemuan itu dihadiri Ketua DPD Partai Golkar Solo Kusrahardjo, Ketua DPD PAN Solo Achmad Sapari, dan Ketua DPC PPP Solo Edy Jasmanto.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Achmad Sapari, saat diwawancarai Solopos.com, Minggu (26/6/2022), mengatakan pertemuan KIB Solo sesuai arahan dari DPP masing-masing parpol anggota untuk segera melakukan silaturahmi. “Perintah dari DPP memang agar segera bersilaturahmi dalam rangka pencalonan Presiden dan Wapres,” terangnya.

Sapari menyatakan Koalisi Indonesia Bersatu di Solo selama ini solid dan siap menjalankan perintah DPP terkait koalisi menuju Pemilu 2024. “Solo siap mendukung koalisi, sesuai instruksi pusat. Perintahnya apa, kami melaksanakan siapa yang akan diusung sebagai capres,” urainya.

Sapari mengklaim kekuatan KIB Solo tidak bisa dipandang sebelah mata karena kekuatan PAN dan Partai Golkar masuk empat besar perolehan suara. Dia mencontohkan PAN yang merupakan parpol terbesar ketiga dengan tiga kursi DPRD Solo.

Baca Jua: Muncul Kelompok PKB Merah Solo Jelang Pemilu 2024, Siapakah Mereka?

Begitu juga Parta Golkar yang merupakan parpol terbesar keempat di Solo dengan tiga kursi di DPRD Solo. Hanya PPP yang tidak mempunyai kursi di DPRD Solo. “Kalau perolehan suara PAN pada Pemilu 2019 sekitar 23.600 suara,” sambung Sapari.

Hangat Dan Cair

Penuturan senada disampaikan Kusrahardjo, Minggu. Menurutnya, pertemuan antara Partai Golkar, PAN, dan PPP sebagai upaya komunikasi dan konsolidasi di antara parpol yang tergabung dalam KIB.

Dia menyebut pertemuan para perwakilan parpol anggota Koalisi Indonesia Bersatu itu berlangsung hangat dan cair. Tapi dia tidak berbicara panjang terkait pembahasan dalam pertemuan tersebut.

Baca Juga: Gonjang-Ganjing Partai Golkar Solo, Mosi Tak Percaya Untuk Kus Rahardjo

“Untuk komunikasi, untuk komunikasi,” ungkapnya. Di sisi lain berdasarkan data di laman KPU.go.id, tiga parpol anggota KIB itu mendapatkan total 49.508 suara pada Pemilu 2019.

Perinciannya, PAN mendapatkan 19.735 suara, Partai Golkar 18.795 suara, dan PPP 10.978 suara. Jumlah itu hanya sekitar 26,5 persen dari perolehan suara PDIP Solo dalam Pemilu 2019 sebanyak 186.763 suara.

PDIP Solo merupakan pemenang dalam Pemilu 2019 dengan perolehan 30 kursi dari total 45 kursi DPRD Solo. Di peringkat kedua ada PKS yang mendapatkan 36.966 suara. Di posisi berikutnya baru PAN dan Partai Golkar.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode