Parpol dan TNI/Polri Ramai-Ramai Bantu Warga Solo Terdampak PPKM Darurat

Selain menyasar petugas parkir dan penarik becak, bantuan sembako akan diberikan juga kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri.
Parpol dan TNI/Polri Ramai-Ramai Bantu Warga Solo Terdampak PPKM Darurat

Solopos.com, SOLO — Kondisi pandemi Covid-19 yang berbuntut penerapan PPKM Darurat beberapa waktu terakhir dirasakan sangat memberatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), serta masyarakat tidak mampu di Kota Solo.

Mereka kesulitan mendapatkan penghasilan harian untuk memenuhi kebutuhan keluarga menyusul rendahnya mobilitas masyarakat. Hal itu memantik keprihatinan sejumlah kalangan untuk berkontribusi meringankan beban warga.

Seperti yang dilakukan pengurus PAC PDIP Jebres yang menyiapkan 500an paket sembako bagi masyarakat terdampak PPKM Darurat. Sebanyak 150 paket diantaranya mulai dibagikan kepada masyarakat pada Sabtu (24/7/2021).

Baca juga: 3 Pekan Berturut-Turut Panglima TNI Kunjungi Solo, Ada Apa Ya?

Pantauan Solopos.com rombongan PAC PDIP Jebres menyisir ruas Jl. Urip Sumoharjo, Jl. Kolonel Sutarto dan Jl. Ir. Sutami mulai pukul 10.00 WIB. Mereka menyasar para petugas parkir dan penarik becak yang sedang menunggu rezeki.

“Dari gotong royong teman-teman pengurus PAC Jebres kami siapkan 500an paket sembako. Mudah-mudahan bisa meringankan beban warga,” ujar Wakil Ketua Pemberdayaan Perempuan dan Anak PAC PDIP Jebres, Nina Windarti.

Penyemprotan Disinfektan

Menurut dia bantuan per paket sembako yang diberikan bernilai lebih dari Rp100.000. Selain menyasar petugas parkir dan penarik becak, bantuan sembako akan diberikan juga kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri.

“Per paket sembako yang kami berikan terdiri dari beras, sarden, gula, teh, jahe instan, serta hand sanitizer. Selain pembagian sembako, PAC PDIP Jebres sudah melakukan penyemprotan disinfektan di semua ranting PDIP,” terang Nina.

Baca juga: Awalnya Waswas Ada Patroli, Penjual Siomai Boyolali Senang Dapat Sembako dari Polisi

Menurut dia pihaknya juga melakukan edukasi kepada masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sebab dengan begitu diharapkan mata rantai penularan Covid-19 bisa diputus, dan aktivitas masyarakat bisa normal.

Di sisi lain Tim Gabungan TNI/Polri dan Satpol PP melakukan patroli berskala besar pada Jumat (23/7/2021) malam. Kegiatan tersebut melibatkan unsur Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan dan Brimob Den C Polda Jawa Tengah (Jateng).

Kegiatan yang dipimpin Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, itu untuk mengingatkan masyarakat agar selalu memakai masker dan menerapkan prokes. Tim gabungan juga membagikan 1.500 kantong beras kepada warga.

Saat menyerahkan beras kepada masyarakat, Kapolresta menyatakan bantuan tersebut dari pemerintah. “Sabar-sabar ya Pak, Buk. Tetap dipakai maskernya. Mudah-mudahan pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir,” kata dia.

Baca juga: Pemerintah Beri Bansos untuk PKL, Warung Kecil dan Warteg Senilai Rp1,2 Juta, Ini Syaratnya!


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago