SOLOPOS.COM - Sejumlah remaja mengambil foto di lokasi yang diterajang erupsi Gunung Semeru. (Instagram/ @warungjurnalis)

Solopos.com, LUMAJANG — Erupsi Gunung Semeru yang yang mengarah Lumajang, Jawa Timur pada Sabtu (4/12/2021) lalu membuat duka mendalam bagi korban dan keluarganya, termasuk masyarakat Indonesia.

Namun, di tengah suasana duka yang belum sirna, ironisnya sejumlah  remaja malah menjadikan lokasi bencana erupsi Gunung Semeru untuk menambah koleksi foto mereka.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Aksi para remaja itu direkam dan tersebar di Instagram seperti di akun @warungjurnalis. Pemilik akun itu meminta netizen untuk tidak mengikuti aksi orang-orang di dalam video.

Baca Juga: Bukan Cuma Kuyang, Ini 5 Hantu Menyeramkan di Kalimantan

“Ada haru di Semeru, duka lara menyelimuti warga. Stop! Wisata di lokasi bencana,” tulis si pengunggah video.

Dalam video itu, tampak dua gerombolan remaja yang memotret foto dengan latar belakang lokasi yang diterjang erupsi Gunung Semeru. Mereka diduga berfoto untuk diunggah di media sosial. Bahkan di akhir video terlihat pria dewasa yang berswafoto menggunakan ponsel pribadinya.

Tak hanya mengimbau untuk tidak berwisata di lokasi bencana, si penunggah video juga meminta netizen menggalang dana untuk korban erupsi Gunung Semeru. Seperi diketahui, hingga kini masih banyak relawan yang berjibaku membantu para korban di Lumajang. Berbagai komunitas dan organisasi juga menggalang dana melalui melalui media sosial dan turun ke jalan.

Baca Juga: Bocah yang Lari di Video Viral Semeru: Lagi Ngaji saat Gunung Erupsi

Berdasarkan keterangan di unggahan, video itu menjadi viral di sejumlah aplikasi pesan.

Netizen pun geram dengan sejumlah orang yang eksis mengambil foto di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru.

“Rasa kemanusiaannya di mana an*? Orang-orang dari jauh datang ke situ buat jadi relawan buat bantu lah kalian ke situ buat kebutuhan instastory,” komentar pengguna akun @rdvirgianty.

Hadeuw. Nantangin alam, susah lah kalo dah gitu,” timpal penggun akun @bunda_res5.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh warungjurnalis (@warungjurnalis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya