SOLOPOS.COM - Ririn Ekawati. (Instagram/@ririnekawati)

Solopos.com, SOLO–Bukan hanya masyarakat, tak sedikit artis juga jadi penggemar tanaman hias mulai dari kelas biasa-biasa saja sampai kelas sultan seperti Monstera yang sedang ngehits. Hobi berkebun bisa mendadak muncul lantaran efek di rumah saja selama pandemi Covid-19.

Para artis penggemar tanaman hias kelas sultan ada yang terbilang new comer menjadi kolektor lantaran efek di rumah saja selama pandemi Covid-19, namun ada juga yang sudah lama hobi berkebun.  Mereka yang tergolong baru menggeluti dunia berkebun ini misalnya Titi Kamal dan Tya Ariestya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut ini deretan artis penggemar tanaman hias sultan sebagaimana dikutip Solopos.com, Senin (13/9/2021), dari berbagai sumber:

Titi Kamal

Titi Kamal. (Instagram/@titi_kamall)
Titi Kamal termasuk salah satu artis penggemar tanaman hias sultan. (Instagram/@titi_kamall)

Titi Kamal boleh dibilang baru sebagai penggemar tanaman hias sultan. Pemeran Mendadak Dangdut ini memulai hobi mengumpulkan tumbuhan pada pertengahan Maret 2021. “Ini tuh [rumah] semakin penuh [tanaman]. Tadinya tuh aku nggak ada rencana untuk beli monsvar [Monstera variegata] gitu karena aku bakal pindahan, karena kayaknya pasti ribet banget. Tadinya mau beli satu doang guys eeh ternyata ketagihan dan ini tuh lumayan menguras dompet aku,” papar Titi Kamal di channel Youtube Titi dan Tian berjudul Tanaman Mahal! Titi Pusing Ketagihan Monstera Variegata Buka-Bukaan Harganya! seperti dikutip Solopos.com pada Senin (13/9/2021).

Ekspedisi Mudik 2024

Lebih lanjut Titi Kamal mengajak plant tour tanaman sultan milik dia. “Dan sultan bagi aku beda banget dengan kalian.. Mungkin bagi kalian ini biasa-biasa aja atau malah mewah, semuanya itu relatif.”

Baca Juga: Pasutri Solo Beli Monstera King Rp225 Juta dari Petani di Lereng Gunung Lawu: Perjuangannya Berat

Selanjutnya Titi Kamal menjelaskan berbagai  tipe Monstera  yang dia miliki. Tanaman koleksi istri Christian Sugiono ini memiliki rentang harga yang sangat beragam saat kali pertama dibeli yaitu mulai Rp2,7 juta hingga Rp8 juta. Namun sayangnya Titi Kamal tak mau membocorkan harga Monstera variegata miliknya yang sudah tumbuh tinggi.

Yuni Shara

Yuni Shara. (Instagram/@yunishara36)
Yuni Shara. (Instagram/@yunishara36)

Penyanyi Yuni Shara diketahui juga menjadi salah satu selebritis Tanah Air yang hobi mengoleksi tanaman hias. Ibu dua anak ini diketahui mengoleksi sejumlah tanaman hias, salah satunya adalah monstera. Monstera yang dimiliki Yuni Shara terlihat besar dan memiliki tinggi hampir sama dengannya. Sayangnya Yuni Shara juga tak mau membocorkan harga tanaman sultan itu.

Baca Juga: 6 Benda Ini Bisa Bikin Betah Ngantor di Rumah

Monstera sendiri adalah tanaman tropis yang terkenal dengan lubang seperti keju pada daun yang dimiliki secara alami. Tidak hanya indah sebagai tanaman, monstera juga memiliki manfaat. Tanaman monstera diketahui dapat memperbaiki kualitas udara  di dalam ruangan.

Belakangan ini diketahui harga monstera mengalami lonjakan yang tinggi. Sebut saja monstera andasonii memiliki harga jual hingga Rp250 juta di salah satu e-commerce. Monstera adansonii memiliki daun yang lebih panjang dan meruncing serta lubang daun yang tertutup seluruhnya.

Ririn Ekawati

Ririn Ekawati. (Instagram/@ririnekawati)
Ririn Ekawati. (Instagram/@ririnekawati)

Ririn Ekawati diketahui juga menjadi salah satu selebriti Tanah Air  yang suka mengoleksi sejumlah tanaman hias. Dia bahkan sesekali mengabadikan momen santai dengan sejumlah tanaman hiasnya. Salah satu tanaman hias yang dikoleksinya adalah Aglaonema atau dikenal tanaman Sri Rejeki berwarna merah.
Aglaonema atau aglonema ini belakangan menjadi primadona lantaran bentuk daun dan warnanya yang memberikan kesan cantik saat memandangnya. Jenis aglaonema yang dimiliki Ririn Ekawati sepertinya jenis red kochin.

Tanaman ini memiliki warna merah yang mendominasi permukaan daun dengan hijau di bagian tepi daun. Aglaonema ini juga memiliki batang yang panjang sehingga terlihat makin cantik. Untuk harga tanaman ini bahkan dibanderol hingga Rp5 juta di salah satu platform e-commerce.

David Koeswoyo

David Koeswoyo adalah putra dari Yon Koeswoyo (personel Koes Plus) dan dikenal sebagai leader di Junior, grup band yang kerap membawakan lagu-lagu Koes Plus. David Koeswoyo juga diketahi mengoleksi sejumlah tanaman hias. Salah satu jenis tanaman hias yang dikolekso oleh David Koeswoyo adalah monstera borsigiana yang diunggahnya di akun instagram khusus tanaman hiasnya.

Baca Juga:  Peneliti: Anak-Anak Sebaiknya Lebih Kuat Lawan Covid-19

Berbeda dengan Monstera deliciosa, Monstera borsigiana cenderung memiliki daun yang lebih kecil dan tangkai daun tidak terdapat gerigi atau tonjolan-tonjolan kecil. Untuk harga bosigiana di sejumlah e-commerce dijual mulai dari ratusan ribu bahkan ada yang menjual hingga Rp18 juta.

Tya Ariestya

Tya Ariestya. (Instagram/@tya_ariestya)
Tya Ariestya. (Instagram/@tya_ariestya)

Meski tak mengoleksi Monstera variegata, Tya Ariestya mengoleksi tanaman hias sultan. Salah satu jenis tanaman hias yang dikoleksi oleh Tya Ariestya adalah Aglaonema. Aglaonema yang dibudidaya Tya Ariesty sepertinya jenis red kochin.

Tanaman ini memiliki warna merah yang mendominasi permukaan daun dengan hijau di bagian tepi daun. Aglaonema ini juga memiliki batang yang panjang sehingga terlihat makin cantik. Untuk harga tanaman ini bahkan dibanderol hingga Rp5 juta di salah satu platform e-commerce.

Hetty Koes Endang

Hetty Koes Endang. (Youtube)
Hetty Koes Endang. (Youtube)

Penyanyi lawas Hetty Koes Endang diam-diam juga penggemar tanaman. Di kediamannya yang luas dan asri penuh tanaman hias hingga buah-buahan. Pelantun Berdiri Bulu Romaku ini mengaku sudah lama koleksi tanaman hias. Bahkan dia memiliki Janda bolong (Monstera adansonii) yang dibeli waktu masih kecil dan sekarang sudah tumbuh rimbun. Namun penyanyi senior ini tak mau membocorkan harganya.

“Ini [Janda bolong] sekarang sudah berkembang besar dan belum punya waktu untuk menata. Punya gelombang cinta juga, ada tujuh. Pernah mahal. Tapi sekarang pamornya sudah turun. Kalau saya dan anak [Afifah Qomariah] memang menghindari tanaman-tanaman berharga mahal,” tutur Hetty Koes Endang seperti dikutip Solopos.com dari channel Trans7 Lifestyle berjudul Koleksi Tanaman Hias dan Buah Hetty Koes Endang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya