SOLOPOS.COM - PLN memulihkan aliran listrik yang sempat terdampak angin kencang puting beliung disertai hujan yang terjadi di sisi barat pantura Jawa Tengah, Kamis (17/11/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — PLN berhasil pulihkan aliran listrik yang sempat terdampak seusai angin kencang puting beliung disertai hujan yang menerjang sisi barat pantura Jawa Tengah.

Terpantau cuaca ekstrem terjadi mulai dari Semarang, Kudus, Jepara, Pati, Rembang, hingga Blora pada Kamis (17/11/2022) sore, yang mengakibatkan sejumlah baliho dan pohon tumbang menimpa jaringan PLN.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menindaklanjuti kondisi tersebut, Senior Manager Komunikasi dan Umum, Ahmad Mustaqir menyampaikan bahwa PLN berkomitmen untuk terus menjaga keberlangsungan suplai listrik pelanggan dengan mengerahkan 144 personel, termasuk di dalamnya tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) dan 6 mobil crane yang tersebar di seluruh unit.

“Mengingat kondisi cuaca yang terbilang ekstrem, untuk melakukan penormalan berjalan lebih cepat dan aman, PLN juga bekerjasama dan dibantu oleh Polri, BPBD, Dinas terkait, dan masyarakat setempat. PLN juga mengerahkan tim dari PLN Pekalongan dan PLN Salatiga untuk membantu percepatan penormalan di Kota Semarang,” ujar Ahmad Mustaqir dalam rilis yang diterima Solopos.com.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak atas kerja samanya, Alhamdulillah pada Kamis pukul 21.00 aliran listrik di wilayah Semarang, Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora telah sepenuhnya pulih,” imbuhnya.

Baca Juga: Memanfaatkan Surplus Listrik untuk Kedaulatan Pangan

Sebelumnya kondisi cuaca ekstrem menyebabkan pohon tumbang, baliho roboh, dan kerusakan aset jaringan PLN di sejumlah lokasi. Hal tersebut mengakibatkan sebanyak 7.750 gardu distribusi yang menyalurkan listrik ke sekitar 415.000 pelanggan di wilayah kerja PLN UP3 Semarang dan UP3 Kudus mengalami gangguan.

Saat ini, ungkap Ahmad, PLN masih terus melakukan penyisiran pada penyulang cabang / lateral dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) yang berpotensi belum pulih.

“Kami mohon bantuan pelanggan untuk membantu pemulihan dengan melaporkan apabila masih ada gangguan individu maupun tegangan rendah melalui PLN Mobile. Peran pelanggan dan seluruh stakeholders sangat kami harapkan, terutama dalam kondisi cuaca ekstrem seperti ini,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya