SOLOPOS.COM - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, memantau pengamanan malam tahun baru dengan mengendarai sepeda motor, Jumat (31/12/2021). (Harian Jogja/Lugas Subarkah)

Solopos.com, SLEMAN — Untuk menjaga keamanan dan ketertiban saat pergantian tahun baru 2021/2022, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, dan sejumlah pejabat Kabupaten Sleman menggelar apel gelar pasukan di Pendapa Rumah Dinas Bupati Sleman, Jumat (31/12/2021) sore. Seusai apel, Bupati Sleman meninjau sejumlah pos pengamanan (pospam) tahun baru dengan mengendarai sepeda motor.

Bupati Sleman menjelaskan pelaksanaan apel gelar pasukan pengamanan malam tahun baru 2022 ini bertujuan menciptakan keamanan dan ketertiban menjelang pergantian tahun dan mengantisipasi merebaknya kembali wabah Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam rangka peringatan hari Natal dan Tahun Baru ini, sebelumnya Pemkab Sleman juga telah mengeluarkan Instruksi Bupati Sleman Nomor 39/INSTR/2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 di Kabupaten Sleman.

Baca juga: Malam Tahun Baru, Lalin Sleman Ramai Lancar

“Dalam instruksi Bupati tersebut kita mengimbau kepada seluruh masyarakat dalam merayakan Tahun Baru 2022 sedapat mungkin dilakukan masing-masing bersama keluarga, menghindari kerumunan dan perjalanan, serta melakukan kegiatan di lingkungan masing-masing yang tidak berpotensi menimbulkan kerumunan,” katanya.

Setelah apel, kegiatan dilanjutkan dengan pemantauan pospam tahun baru dengan mengendarai sepeda motor. Peninjauan dimulai dengan memantau pos pengamanan yang ada di lapangan Denggung. Kemudian dilanjutkan memantau pos pengamanan di wilayah perbatasan yang ada di Jalan Magelang, Kapanewon Tempel.

Sejumlah titik diperkirakan rawan terjadi kerumunan di antaranya Ambarukmo Plaza dan Kaliurang. Ia memastikan di dua tempat tersebut dilakukan penjagaan ketat oleh petugas gabungan Dinas Perhubungan Sleman, TNI dan Polri, sehingga jika terjadi kerumunan diketahui ada acara berlangsung segera dibubarkan.

Pada pusat perbelanjaan, dibatasi jam operasional hanya sampai pukul 22.00 WIB dengan kapasitas 75% dan tidak ada event apapun kecuali pameran usaha mikro kecil menengah (UMKM). Sementara di Alun-alun Denggung telah ditutup sejak Jumat sore hingga pergantian tahun dengan penjagaan dari petugas gabungan.

Baca juga: Siapkan Energimu! Ini Pilihan Acara Malam Tahun Baru di Sleman

“Kegiatan pengamanan malam tahun baru 2022 ini juga merupakan upaya kita dalam rangka menjaga ketertiban umum dan kelancaran lalu lintas. Sehingga malam pergantian tahun baru ini masyarakat dapat melaluinya dengan aman dan nyaman,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya