SOLOPOS.COM - Ilustrasi kamera closed circuit television (CCTV),(JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, SUKOHARJO — Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo menambah jumlah kamera closed circuit television atau CCTV di simpang empat Ngasem, Kecamatan Kartasura. Kamera CCTV itu dipasang guna memantau pergerakan perantau yang mudik atau pulang kampung saat perayaan Natal dan Tahun Baru.

Kepala Dishub Sukoharjo, FX Toni Sri Buntoro, mengatakan simpang empat Ngasem merupakan jalur pintu masuk dan keluar jalan tol di wilayah Kartasura. Selain itu, simpang tiga Ngasem merupakan jalur utama Solo-Semarang yang ramai dilewati kendaraan bermotor setiap hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami ingin memantau volume kendaraan bermotor saat perayaan libur Natal dan Tahun Baru. Pergerakan kendaraan bermotor dapat dipantau setiap saat,” katanya saat ditemui Solopos.com di Sukoharjo, Selasa (21/12/2021).

Baca Juga: Sasar 76.000 Anak, Sukoharjo Mulai Geber Vaksinasi Usia 6-11 Tahun

Sementara itu, meski sudah dipasangi kamera CCTV, Dishub Sukoharjo tetap menempatkan petugas khusus untuk memantau arus lalu lintas di sekitar simpang empat Ngasem, Kartasura. Petugas bakal mencatat secara terperinci apabila ada pergerakan kendaraan kaum boro yang hendak pulang kampung.

Antisipasi Kemacetan

Selanjutnya, petugas khusus itu bakal berkoordinasi dengan petugas yang berjaga di pos pemantauan di sekitar Bundaran Kartasura. “Petugas bakal membantu Satlantas Polres Sukoharjo apabila terjadi kemacetan arus lalu lintas di sekitar simpang empat Ngasem dan Bundaran Kartasura,” ujarnya.

Pola serupa diterapkan saat arus mudik dan balik perayaan Lebaran lalu. Kamera CCTV mampu merekam beragam aktivitas dan arus lalu lintas kendaraan, termasuk kaum boro yang pulang kampung secara bergelombang.

Baca Juga: Seorang CPNS Pemkab Sukoharjo Mundur saat Pelatihan Dasar, Kenapa?

Saat ini, lanjut Toni, ada 27 kamera CCTV yang disebar di wilayah Sukoharjo. Paling banyak dipasang di wilayah Kartasura, Baki, Grogol, dan Sukoharjo Kota.

“Wilayah Sukoharjo bagian selatan [kamera CCTV] memang masih sedikit karena kondisi lalu lintas tak seramai di wilayah Kartasura dan Grogol. Namun, tak menutup kemungkinan ada satu-dua lokasi dipasang kamera CCTV,” paparnya.

Sebagaimana diinformasikan, gelombang perantau yang pulang kampung atau mudik diperkirakan bakal tetap terjadi meski pemerintah meniadakan libur atau cuti bersama Natal dan Tahun Baru. Apalagi tidak ada penyekatan selama momentum Nataru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya