SOLOPOS.COM - Jalan Dr Radjiman Solo, barat Pasar Klewer. (Youtube/Explore Merah Putih)

Solopos.com, SOLO -- Solo dinobatkan sebagai kota terpadat di Jawa Tengah atau Jateng, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Dengan jumlah penduduk Kota Solo yang mencapai 522.364 jiwa. Dengan jumlah penduduk sebesar itu, dapat diartikan ada 11.353,27 jiwa per kilometer persegi di Kota Bengawan pada 2020.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga:  Profil Lengkap Raditya Oloan: Dulu Pemakai Narkoba Kini Jadi Pendeta

Kepala BPS Kota Solo, Totok Tavirijanto mengatakan tingkat kepadatan penduduk di Kota Solo jauh lebih tinggi dibanding Kota Semarang yang merupakan ibu kota provinsi. Maka dari itu, Solo juga ditetapkan sebagai kota terpadat di Jateng.

Ekspedisi Mudik 2024

Tingkat kepadatan penduduk di Kota Semarang hanya 4.424 jiwa per kilometer persegi. Penduduk di Kota Solo juga 10 kali lebih padat jika dibandingkan dengan kepadatan penduduk rata-rata di Jawa Tengah. Masih berdasarkan hasil sensus BPS, kepadatan penduduk rata-rata di Jateng hanya 1.113 jiwa per kilometer persegi.

Baca Juga: Bagaimana Hukum Zakat Fitrah Bagi yang Tidak Mampu?

“Kepadatan Solo itu 2,5 kali lipat dari Semarang. Nah, dari total 522.364 jiwa itu, sebanyak 7,99 persen populasi berumur 15-19 tahun. Mereka menjadi penduduk terbanyak di Solo. Kemudian, disusul usia 20-24 tahun sebanyak 7,86 persen. Lalu, usia 40-44 tahun sebanyak 7,74 persen,” kata dia, kepada Solopos.com, Jumat (19/3/2021).

Berikut ini potret Solo dari udara yang dinobatkan sebagai kota terpadat di Jateng yang Solopos.com kutip dari video Kota Solo 2021, | Drone View | Kota Terpadat Di Jawa Tengah 2021 di kanal Youtube Explore Merah Putih, Sabtu (24/4/2021).

Baca Juga:  Dirawat Intensif di ICU, Komedian Sapri Sakit Apa?

Potret Kota Terpadat di Jateng

1. Sekitar RS Dr Oen Kandang Sapi Solo

Sekitar RS Dr Oen Kandang Sapi Solo. (Youtube/Explore Merah Putih)

Foto di atas memperlihatkan padatnya wilayah Kota Solo di sekitar RS Dr Oen Kandang Sapi Solo. Di sekitar rumah sakit tersebut terdapat beberapa fasilitas umum. Beberapa di antaranya, supermarket, pasar, sekolah, hingga perumahan rakyat.

Baca Juga: 5 Keanehan pada SIM dan STNK Kekaisaran Sunda Nusantara

2. Sekitar Bank Indonesia Kantor Perwakilan Solo

Sekitar Bank Indonesia Perwakilan Solo. (Youtube/Explore Merah Putih)

Foto di atas juga memperlihatkan Solo sebagai kota terpadat di Jateng. Foto tersebut diambil di sekitar Bank Indonesia Kantor Perwakilan Solo yang terletak di jalan utama Kota Bengawan, tepatnya Jl. Jenderal Sudirman.

Baca Juga: Transformasi Selvi Ananda: Dulu Putri Solo, Kini Jadi Ibunya Warga Solo

3. Sekitar Balai Kota Solo

Sekitar Balai Kota Solo. (Youtube/Explore Merah Putih)

Masih di Jl Jenderal Sudirman, tepatnya di sekitar Balai Kota Solo terlihat wilayah Solo begitu padat dengan bangunan-bangunan rumah penduduk, gedung sekolah, kantor pemerintahan, perbankan, pasar dan fasilitas umum lainnya.

Baca Juga:  Ibu Katolik dan Ayah Buddha, Ini Cerita Dian Sastro Pilih Memeluk Islam

4. Mojosongo, Solo

kota terpadat di jateng
Rumah penduduk di Mojosongo Solo. (Youtube/Explore Merah Putih)

Foto berikutnya yang menunjukan Solo menjadi kota terpadat di Jateng berada di Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres. Di daerah ini memang banyak dibangun pemukiman penduduk sehingga tampak begitu padat.

Baca Juga: 5 Potret Cantik Prigel Pangayu, Penyanyi Campursari Berdarah Sragen

5. Jalan DR Radjiman

kota terpadat di jateng
Jalan DR Radjiman Solo, barat Pasar Klewer. (Youtube/Explore Merah Putih)

Pada foto yang menunjukan Solo menjadi kota terpadat di Jateng ini berlokasi di barat Pasar Klewer, atau tepatnya di Jl DR Radjiman. Di area ini memang banyak pertokoan, pusat perbelanjaan, rumah ibadah, dan juga fasilitas umum lainnya.

Baca Juga: Sudah Bulat! Ini 5 Alasan Pemerintah Larang Mudik Lebaran 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya