Pantai Sembukan, Hidden Gem di Paranggupito Wonogiri yang Cocok Buat Healing

Di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, ada satu pantai yang memiliki pemandangan sangat indah bernama Pantai Sembukan.
SHARE
Pantai Sembukan, Hidden Gem di Paranggupito Wonogiri yang Cocok Buat Healing
SOLOPOS.COM - Pengunjung tengah menikmati pemandangan Pantai Sembukan di Desa/Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Rabu (25/11/2022). Pasir putih, deburan ombak, dan gugusan perbukitan karst tampak indah. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Pantai Sembukan yang ada di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri menawarkan panorama yang menggoda untuk dikunjungi. Bentang alam berupa laut selatan Jawa dan gugusan perbukitan karst menjadi paduan menarik untuk memanjakan mata.

Deburan ombak menghantam batuan karang di Pantai Sembukan terdengar sejauh puluhan meter dari bibir pantai. Sore itu, Rabu (23/11/2022), cuaca cerah berawan menyelimuti salah satu pantai unggulan di Wonogiri itu. Air laut yang tampak biru kehijauan dipadu dengan pasir putih Pantai Sembukan sungguh sulit ditemukan di tempat lain.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Saat itu, hanya ada beberapa orang yang tengah menikmati sore di Pantai Sembukan. Beberapa orang terlihat bermain pasir, beberapa lain memilih menaiki perbukitan karst tepat di atas pantai. Mereka menikmati eksotisme pantai pada detik-detik matahari tenggelam di ufuk barat. Khidmat.

Solopos.com berbincang dengan beberapa pengunjung sore itu. Salah satu pengunjung dari Solo, Matius Nico Henrikus, mengaku baru kali pertama berkunjung ke pantai yang dikelola Pemkab Wonogiri itu. Sore itu ia datang bersama beberapa temannya.

“Cocok untuk healing, pas banget. Sama sekali enggak menyesal jauh-jauh ke sini, dan mendapatkan pemandangan yang seindah ini. Enggak kalah indah dengan pantai-pantai di Gunungkidul. Ini pantai patut didatangi lagi. Mantap,” kata Niko.

Baca Juga: Polisi Tetapkan Sopir Minibus Maut di Nguntoronadi Wonogiri Jadi Tersangka

Dalam perjalanan menuju pantai di Wonogiri selatan itu, Niko sempat was-was. Ia takut pemandangan di Pantai Sembukan tidak seindah yang ia harapkan dan ia lihat di berbagai media sosial. Sebab, sudah sering ia kecele dengan gambar-gambar wisata di berbagai media sosial. Kerap kali gambar-gambar itu hasil editan dan melebih-lebihkan hingga membuatnya tampak indah.

“Saya tau pantai ini dari Instagram. Sebenarnya sudah beberapa kali pengin ke sini, tapi hari ini baru sempat. Kebetulan pas libur kerja. Kebetulan lagi, enggak terlalu ramai pengunjung. Benar-benar bisa menghilangkan penat dari pekerjaan,” ujar pria yang bekerja sebagai penulis olahraga itu.

pantai sembukan di wonogiri
Pengunjung tengah menikmati pemandangan Pantai Sembukan di Desa/Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Rabu (25/11/2022). Pasir putih, deburan ombak, dan gugusan perbukitan karst tampak indah. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Pengunjung lain dari Karanganyar, Mufti Alimi, tidak menyangka jika Wonogiri memiliki pantai seindah ini. Dia berkunjung Pantai Sembukan karena diajak teman. Yang ia tahu, pantai dengan bentang alam perbukitan dan pasir putih hanya ada di Pacitan, Jawa Timur dan Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Ini menurutku hidden gem-nya Wonogiri. Bagus banget. Tadi sengaja berangkat siang dari Karanganyar karena ingin lihat sunset di sini. Tapi sayang awannya agak tebal, jadi enggak kelihatan maksimal,” ungkap Alimi.

Baca Juga: Sejumlah Bangunan Dibongkar, Penataan WGM Wonogiri Dimulai Awal Desember 2022

Kendati begitu, kata dia, itu sama sekali tidak mengurangi keindahan Pantai Sembukan.

“Kayaknya bakal ke sini lagi. Tapi sambil bawa tenda, buat ngecamp sama teman-teman kayaknya cocok. Syahdu,” ucap dia.

Kepala Desa Paranggupito, Dwi Hartono, mengatakan selama pandemi Covid-19, pengunjung Pantai Sembukan turun. Tetapi, kini pengunjung mulai meningkat setelah pandemi mulai mereda meski belum signifikan.

“Akses jalan sudah mudah. Semua jalan menuju ke pantai sudah diaspal halus. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir kalau jalannya jelek,” kata Dwi.




Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode