SOLOPOS.COM - Suasana di Pantai Genjik Purworejo. (Istimewa/Youtube @wanaks.id).

Solopos.com, PURWOREJOPantai Genjik terletak di gugusan Pantai Selatan Purworejo, tepatnya di perbatasan Kabupaten Purworejo dengan Kabupaten Kebumen. Lokasinya berada di Desa Kertojayan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah.

Selain dikenal sebagai tempat pelelangan ikan, daya tarik Pantai Genjik sebagai tempat wisata di pantai selatan juga tak kalah menarik. Bentangan air laut yang sangat bersih dengan pasir hitam yang lembut menjadi

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantai Genjik juga merupakan salah satu pantai yang tersembunyi sehingga tak banyak orang mengetahui pantai ini. Oleh karena sedikit pengunjung yang datang ke sini, menjadikan pemandangannya masih cukup asri.

Ekspedisi Mudik 2024

Meskipun tersembunyi, akses jalannya cukup baik dan bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Jarak dari alun-alun Purworejo ke wisata Pantai Genjik sekitar 31 kilometer dengan waktu tempuh kurang dari satu jam perjalanan.

Bagi yang belum tahu, Pantai Genjik berada di satu kawasan dengan Pantai Dewaruci Jatimalang, Pantai Ketawang, dan pantai-pantai lainnya. Perlu diketahui bahwa pantai-pantai tersebut berada di jalan yang bersejarah yaitu Jalan Daendels.

Jalur yang dulunya pernah digunakan oleh Pangeran Diponegoro sebagai rute gerilya melawan pemerintah Hindia Belanda.

Pantai Genjik memang belum otimal dikelola sehingga fasilitas seperti spot foto atau fasilitas wisata pada umumnya belum disediakan. Meskipun begitu, pemandangan alam memang sejatinya sudah indah meskipun tanpa campur tangan manusia. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran pengunjung untuk kebersihan tempat wisata.

Pantai Genjik memiliki pesona pantai cantik khas laut selatan dengan ombak yang besar. Selain itu, area pasir pantainya luas dan panjang. Sangat cocok digunakan untuk tempat singgah sebentar sekedar melepas penat setelah beraktivitas sehari.

Ciri khas di pantai Genjik ini ada muara atau dikenal dengan Sungai Mawar yang masuk dalam dua kabupaten, yaitu Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Kebumen. Di sinilah biasanya digunakan sebagai spot pemancingan.

Selain memancing, saat menjelang sore di sini cocok digunakan untuk tempat tongkrongan khususnya anak muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya