SOLOPOS.COM - Ini dia timnas Ghana yang akan menantang Pantai Gading di puncak Piala Afrika. Ist/dok

Pantai Gading vs Ghana menjadi puncak laga Piala Afrika 2015. Siapakah yang bakal menjadi juara?

Solopos.com, BATA— Ghana hanya selangkah dari merengkuh gelar kelima di ajang Piala Afrika ketika menantang raksasa Afrika lainnya, Pantai Gading, dalam pertandingan final  turnamen kontinen itu tahun ini, Senin (9/2/2015) dini hari WIB.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Namun, jalan tim berjuluk Bintang Hitam itu bakal berliku. Hal itu mengingat lawan yang akan mereka hadapi, Pantai Gading, dikenal sebagai salah satu kekuatan besar lain di Afrika dalam lebih dari dua dekade terakhir.

Ghana bahkan bakal membawa memori buruk ketika bertemu tim yang sama di final Piala Afrika 1992 di Senegal, 22 tahun silam. Saat itu, The Elephants, julukan Pantai Gading, adalah tim yang sukses merengkuh gelar juara setelah memenangi laga final.

Sejak saat itu, Pantai Gading telah tiga kali lolos ke final, termasuk tahun ini, namun selalu gagal juara. Sementara, Ghana sudah dua kali lolos ke partai puncak, namun nasib juara Afrika empat kali itu tak lebih baik.

Bintang Hitam selalu gagal juara setelah kali terakhir memenangi gelar kontinen itu pada penyelenggaraan Piala Afrika 1982 di Libya. Tetapi, ambisi revans dan peluang emas mengakhiri puasa gelar selama lebih dari tiga dekade membuat Asamoah Gyan dkk. bertekad menjadi yang terbaik tahun ini.

Terlebih, Ghana bisa kembali diperkuat kapten mereka, Gyan, setelah sebelumnya ia absen dalam pertandingan semifinal melawan Guinea Katulistiwa, Jumat (6/2) dini hari WIB.

Optimisme skuat Bintang Hitam seperti dilontarkan penyerang mereka, Christian Atsu. Pemain 23 tahun itu mengakui Pantai Gading akan menjadi lawan yang sulit dikalahkan, namun timnya bertekad menang.

“Pantai Gading adalah tim yang sangat kuat dengan pemain-pemain profesional, namun kami akan melakukannya dengan baik dan memenangi gelar juara,” ujar Atsu dilansir ghananation.com, Sabtu (7/2).

Pantai Gading tak kalah ambisius menyambut duel final Piala Afrika, Senin dini hari WIB. Terlebih, dengan fakta The Elephants yang baru merengkuh satu gelar juara sejauh ini, mereka jelas jauh lebih lapar. Pelatih Pantai Gading, Herve Renard, menegaskan timnya akan melakukan segala cara menggondol trofi gelar tahun ini ke negara mereka.

“Kami ingin membawa pulang gelar [Piala Afrika 2015] ke Abidjan [salah satu kota penting di Pantai Gading],” kata Renard dilansir herald.co.zw, Sabtu. (Triyono/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya