SOLOPOS.COM - Peserta mengerjakan soal Ujian Computer Base Test (CBT) saat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 di Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Selasa (16/5/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Panitia SPMB Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo menyatakan Ujian Tulis Berbasis Komputer SBMPTN 2020 tetap sesuai jadwal 5-12 Juli.

Sementara pendaftaran peserta UTBK untuk Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tersebut dibuka 2-20 Juni.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS Solo, Ahmad Yunus, mengatakan hingga saat ini belum ada perubahan jadwal UTBK dari pemerintah pusat.

“Sampai saat ini jadwalnya [UTBK] belum ada perubahan dari pusat. Masih sama, 5-12 Juli,” ujar Yunus saat ditemui di Rektorat UNS, Selasa (2/6/2020).

Beda Dengan Kemendikbud, Wali Kota Solo Berkukuh Pelajar Masuk Sekolah Mulai Desember

Menurutnya, situasi pandemi Covid-19 saat ini belum memungkinkan untuk memajukan jadwal Ujian Tulis Berbasis Komputer SBMPTN. Namun, untuk menggelar ujian yang mendatangkan orang banyak memang harus mendapat rekomendasi dari gugus tugas Covid-19 Jateng.

“Saat ini kan belum memungkinkan untuk UTBK. Tapi kami juga terus memantau situasi. Jadi seandainya nanti situasi pada jadwal itu juga belum memungkinkan, akan diundur lagi,” imbuhnya.

Materi UTBK adalah tes potensi skolastik. Setiap peserta hanya diizinkan maksimal mengambil satu kali tes. Pelaksanaan tes dibagi empat sesi setiap harinya.

Nekat Manipulasi Data PPDB, Calon Siswa Baru SMA Sukoharjo Siap-Siap Dicoret

Sesuai Surat Edaran (SE) Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), pendaftaran ujian tulis dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali bersamaan sesuai jadwal.

Pendaftaran Secara Online

Peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN) serta Program Studi (Prodi) tujuan. Pendaftaran UTBK dibuka 2-20 Juni.

Calon mahasiwa dapat melakukan pendaftaran secara online, sehingga dapat dilakukan dari mana saja. “Pendaftaran UTBK secara online sehingga tidak ada masalah dari segi pencegahan kontak fisik,” imbuhnya.

Pilkada 2020 Terapkan Protokol Kesehatan? KPU Solo Butuh Tambahan Anggaran Rp10,1 Miliar

Diberitakan sebelumnya, tahun ini UNS menerima total 8.541 mahasiswa. Jumlah ini terdiri atas mahasiswa sarjana 6.706 orang mahasiswa vokasi 1.835 orang.

Sesuai ketentuan, mahasiswa yang masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) minimal 20 persen. SBMPTN minimal 40 persen dan seleksi mandiri maksimal 30 persen.

Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho memaparkan jumlah peminat SNMPTN UNS tahun ini 31.080 atau naik 1,5 % dibanding tahun sebelumnya. Sedangkan jumlah peminat yang lolos seleksi 1.720 orang atau 25 % dari total kuota mahasiswa baru UNS program sarjana 2020.

Selain itu, jumlah calon mahasiswa pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) 2020 yang diterima UNS sebanyak 351 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya