;

Pangkas Waktu Jadi 20 Menit, Ada 9 Simpang Susun di Tol Solo-Jogja

Bisa memangkas waktu perjalanan dari 1,5 jam jadi 20 menit, jalan tol Solo-Jogja bakal mempunyai sembilan simpang susun.
SHARE
Pangkas Waktu Jadi 20 Menit, Ada 9 Simpang Susun di Tol Solo-Jogja
SOLOPOS.COM - Ilustrasi tol (JIBI/Solopos TV)

Solopos.com, SOLO — Tahukah Anda jalan tol Solo-Jogja yang menghubungkan Kartasura di Sukoharjo hingga Yogyakarta International Airport (YIA) memiliki sembilan simpang susun?

Keberadaan jalan tol ini ditunggu-tunggu oleh banyak pihak. Apalagi jalan tol Solo-Jogja diklaim akan mempersingkat waktu perjalanan dari 1,5 jam menjadi 20 menit.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Prediksi tersebut dinilai masuk akal karena jalan tol ini dilalui tanpa adanya hambatan. Kepala Desa (Kades) Senden, Kecamatan Ngawen, Klaten, Setya Sugiyanto, berharap pengguna tol Solo-Jogja mampir di rest area wilayah Klaten. Dia mengharapkan agar Klaten jangan hanya dilewati.

Baca Juga:  Layangan Putus Episode 9A: Kinan Mulai Maafkan, Tapi Aris Berulah Lagi

“Kalau ada pernyataan Solo-Jogja via tol menjadi 20 menit memang sangat masuk akal. Soalnya jalan tol kan jalan bebas hambatan. Tapi yang kami harapkan, jangan sampai Klaten ini hanya dilewati pengguna jalan tol. Setidaknya, kami diberi kesempatan memanfaatkan rest area,” kata Setya Sugiyanto saat ditemui Solopos.com, Rabu (12/1/2022).

Diprediksi bisa memangkas waktu perjalanan hingga 2o menit, jalan tol Solo-Jogja akan mempunyai simpang susun sebanyak sembilan, yang terdiri dari:

Baca Juga:  5 Kuliner Autentik Khas Klaten, Sudah Coba Semua Lur?

1. Kartasura, Sukoharjo
2. Karanganom, Klaten
3. Klaten
4. Prambanan
5. Purwomartani, Jogja
6. Gamping, Sleman
7. Sentolo, Kulon Progo
8. Wates, Kulon Progo
9. YIA Kulon Progo

Dalam Talkshow Virtual Solopos Media Group bertajuk Menangkap Peluang Strategis Tol Solo-Jogja, Senin (22/11/2021) malam disebutkan jalan tol Solo-Jogja dibangun dengan biaya investasi sebesar Rp26,63 triliun. PT Jogjasolo Marga Makmur menjadi pelaksana proyek dengan masa konsesi selama 40 tahun sejak SPMK.

Pembangunan jalan tol Solo-Jogja terbagi dalam tiga sesi. Sesi I sepanjang 42,37 km dari Kartasura-Purwomartani, sesi I sepanjang 23,42 km dari Purwomartani-Gamping dan sesi III sepanjang 30,77 km dari Gamping-Purworejo.

Baca Juga:  Asal Usul Kalimati Sukoharjo, yang Mitosnya Ada Pernikahan Gaib

Diharapkan dengan adanya jalan tol Solo Jogja dengan sembilan simpang susun ini bisa semakin memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat baik dari sektor industri, barang, dan jasa. Selain itu, juga bisa meningkatkan aksesibilitas menuju kawasan pariwisata di selatan Pulau Jawa, salah satunya kawasan Candi Borobudur.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago