SOLOPOS.COM - Fosil gading gajah yang ditemukan petani di Kudus. (detik.com)

Solopos.com, KUDUS – Seorang petani di Kudus, Jawa Tengah (Jateng) menemukan sebuah fragmen fosil gading gajah purbakala. Fosil gading gajah yang diperkirakan berusia jutaan tahun itu ditemukan petani tersebut saat tengah panen kencur di kawasan Pegunungan Patiayam Kudus.

“Pada tanggal 4 September 2021 ditemukan oleh Bapak Paijan, warga Dusun Karangsudo, Desa Terban. Beliau menemukan saat panen kencur, menemukan satu benda kurang lebih baru setengah meter [fosil gading saat ditemukan],” kata Koordinator Museum Purbakala Patiayam, Jamin, dikutip dari detik.com, Selasa (5/10/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Fosil gading gajah itu saat ini tersimpan di Museum Patiayam, Kudus. Kondisinya masih terbelah-belah. Di bagian fosil pun masih ada bekas tanah dan dilapisi bambu.

Baca juga: Pembangunan Museum Benda Purbakala Gunungkidul Segera Ditindaklanjuti

Jamin mengatakan fragmen fosil gading gajah purbakala itu termasuk jenis Stegodon Trigonocephalus. Diperkirakan berusia jutaan tahun lalu.

“Kemudian beliau malamnya laporan kepada saya, terus paginya ke sana kita cek. Ini merupakan fosil gajah Stegodon Trigonochepalus,” ungkap Jamin.

Dia mengatakan gading gajah yang ditemukan petani di Kudus itu memiliki panjang sekitar 1,5 meter. Fosil gading gajah itu ditemukan di kawasan Pegunungan Patiayam Kudus. Jamin memperkirakan gading gajah itu memiliki panjang utuh mencapai 3 meter.

“Ditemukan Gunung Srumpit. Panjangnya kita lihat kurang lebih 1,5 meter itu bagian pangkal pas ditemukan. Dalam mengangkat potong-potong [bentuk fosil tidak utuh]. Itu kalau bagian utuh semua kita perkirakan bisa mencapai 3 meter. Tetapi itu pangkalnya yang ditemukan,” jelasnya.

Fosil tersebut, kata dia tengah dilakukan identifikasi. Setelah itu akan dilakukan konservasi hingga didata untuk disimpan di Museum Purbakala Patiayam Kudus.

“Kami selaku dari dinas penyelamatan dan pelestarian kita tempatkan di museum. Proses awal adalah kita identifikasi kemudian terus proses pendataan. Kita masuk ke konservasi atau rekonstruksi atau penyambungan, setelah itu kita simpan,” ungkapnya.

Baca jugaMeseum Purbakala Patiayam Kudus Masih Sepi Pengunjung

Jamin menjelaskan sudah ada puluhan gading gajah purbakala yang ditemukan di kawasan Pegunungan Patiayam Kudus. Diperkirakan ada 30 fosil gading dengan berbagai ukuran.

“Penemuan gading gajah dari dulu sampai sekarang secara kira-kira ada 30 fosil dengan berbagai ukuran,” terang Jamin.

Dia menambahkan total fosil ada 8 ribu fragmen fosil yang disimpang di Museum Purbakala Patiayam. Terdiri belasan hewan purba yang pernah ada di kawasan Pegunungan Patiayam Kudus. Mulai dari gajah, rusa, hingga hewan laut purba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya