SOLOPOS.COM - Menikmati keindahan Candi Borobudur dari pelataran, tanpa mendaki. (Antaranews.com)

Solopos.com, MAGELANG — Pandemi Covid-19 yang melandai membuat kunjungan tempat wisata di Jawa Tengah (Jateng) kembali pulih, tak terkecuali Candi Borobudur, Kabupaten Magelang. Bahkan, kunjungan wisatawan di Candi Borobudur saat ini telah memenuhi target yang ditetapkan pada tahun 2022.

Hal itu disampaikan Marketing and Sales Vice President PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko, Pujo Suwarno, Kamis (29/9/2022).

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

“Target kunjungan wisata tahun ini sebanyak 1,2 juta orang, alhamdulillah sudah tercapai,” kata Pujo.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menyebutkan kunjungan wisatawan di Candi Borobudur setiap harinya saat ini berkisar di angka 2.000 hingga 3.000 orang. “Pengunjung Candi Borobudur setelah pandemi sudah bagus. Kunjungan pada akhir pekan bisa mencapai 4.000 sampai dengan 6.000 orang,” katanya.

Menurut dia, kunjungan wisatawan mancanegara di bulan Agustus dan September ini juga menunjukkan aktivitas cukup banyak. Rata-rata wisatawan mancanegara atau wisman yang berkunjung ke Candi Borobudur mencapai 200 orang setiap harinya.

Baca juga: Wisatawan ke Borobudur Mencapai 1,2 Juta Orang

“Saya pikir kondisi ini harus dijaga, mudah-mudahan pilihan mereka untuk datang ke Borobudur, Yogyakarta dan Jawa Tengah ini tetap menjadi pilihan wisatawan mancanegara sebelum mereka ke Bali,” katanya.

Ia menyampaikan pihaknya terus mendorong pengembangan wisata di kawasan Borobudur termasuk aktivitasnya, karena generasi muda sekarang butuh tantangan, butuh sesuatu pengalaman yang lain dengan memanfaatkan telekomunikasi yang dimiliki dengan berbagai aplikasi.

Oleh karena itu, beberapa waktu lalu pihaknya mencoba menyelenggarakan kegiatan Borobudur Creative Race (Brace) 2022 sebagai salah satu upaya untuk membangkitkan kembali geliat pariwisata di kawasan Candi Borobudur yang agak meredup saat pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya