SOLOPOS.COM - Ilustrasi masker ganda. (iStock)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah tengah menyiapkan potensi pandemi Covid-19 berubah jadi endemi. Tetapi, kesiapan ini harus didukung pula oleh partisipasi masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan.

WHO sendiri telah menyatakan bahwa besar kemungkinan Covid-19 akan diklasifikasikan sebagai endemi di masa mendatang, seperti halnya Malaria atau Demam Berdarah. Covid-19 bisa dikategorikan sebagai endemi apabila terus hadir secara konstan dalam populasi di wilayah geografis tertentu, dengan tingkat dan pola penularan yang sudah lebih terprediksi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Prediksi PSIS vs Persela: Mahesa Jenar Diuntungkan Kondisi Joko Tingkir

Ekspedisi Mudik 2024

Sejumlah negara juga menyepakati bahwa pandemi Covid-19 berpotensi jadi endemi. Salah satunya adalah Malaysia yang telah mengajak seluruh warganya untuk bersiap dengan kemungkinan hidup bersama Covid-19 sebagai endemi.

“Instrumen yang cukup membedakan pandemi dan endemi adalah prediktabilitas. Setelah menjadi endemi, penyebaran wabah lebih dapat diperkirakan, sehingga kita dapat menyusun langkah-langkah antisipasi. Jadi, meskipun kita akan hidup bersama Covid-19 dalam waktu lama, namun situasi akan lebih terkendali,” terang Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate dalam rilis tertulisnya yang diterima Solopos.com pada Jumat (3/9/2021).

Baca Juga: PTM SMA/SMK Solo Diawali 15 Sekolah, Berikut Ini Daftarnya

Sementara itu, untuk mempersiapkan hal tersebut, Guru Besar Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Hasbullah Thabrany mengatakan masyarakat harus tetap patuh dengan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

“Siapa pun bisa terkena penyakit endemi tersebut. Agar tidak tertular, sederhana. Pakai masker. Selain itu cuci tangan yang bersih, jaga jarak, dan selalu waspada menganggap orang di dekat kita berisiko membawa virus. Jadi disiplin diri adalah kuncinya,” jelas dia.

Baca Juga: Pakai Perusahaan Pribadi untuk Garap Proyek, Bupati Banjarnegara Tersangka Korupsi

Johnny juga menegaskan hal serupa. Untuk mengantisipasi perubahan status pandemi Covid-19 menjadi endemi di Indonesia, seluruh masyarakat Indonesia harus berpartisipasi aktif dalam menjaga kedisiplinan menggunakan masker dan menyegerakan vaksinasi. Protokol kesehatan lainnya yang wajib dilakukan adalah menjaga jarak dan rajin mencuci tangan juga tak kalah penting untuk selalu diterapkan.

Baca Juga: Duh Duh Duh, Limbah Medis Melonjak di Masa Pandemi Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya