SOLOPOS.COM - Salah satu warga Kecamatan Baturetno, Wonogiri menerima bantuan sosial ketahanan pangan budidaya lele dalam ember, di Dusun Tirta Asri, Sendang, Dawe, Watu Agung, Baturetno, Wonogiri, Kamis (1/10/2020). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI -- Sebanyak 200 warga Kecamatan Baturetno, Wonogiri, menerima bantuan sosial ketahanan pangan budidaya lele dalam ember, Kamis (1/10/2020).

Bantuan tersebut berasal dari Tim Koordinator Relawan Bidang Relawan Pendukung Satgas Covid-19 Kabupaten Wonogiri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Otak Kerusuhan Mertodranan Solo Ditangkap Densus 88, Terhubung Jaringan Teroris?

Perwakilan Tim Koordinator Relawan Bidang Relawan Pendukung Satgas Covid-19 Nasional, Topik Adi Nugroho, mengatakan untuk menjaga stabilitas ketahanan pangan dalam negeri, diperlukan suatu upaya yang tepat dan menyasar kepada lapisan masyarakat.

Ekspedisi Mudik 2024

Maka dari itu, Tim Koordinator Relawan Pendukung Bidang Relawan Pendukung Satgas Covid-19 memberikan program bantuan sosial berupa ketahanan pangan kepada masyarakat berupa budidaya lele dalam ember.

Kampanye Pilkada Klaten: Takut Picu Kerumunan, Sri Mulyani Urung Blusukan di Pasar Jatinom

"Dengan seperti itu masyarakat ikut berpartisipasi dalam menjaga stabilitas ketahanan pangan melalui lingkungan mandiri di setiap tempat tinggalnya," kata Topik kepada Solopos.com, Kamis.

Menurut dia, hal itu sesuai dengan semangat yang digaungkan oleh Ketua Bidang Relawan Pendukung Satgas Covid-19 Yulius Setiarto, bahwa saat ini harus mampu menjaga ketahanan pangan di lingkungan terkecil di sekitar tempat tinggal.

Dalam setiap paket ember yang diserahkan kepada satu keluarga terdiri dari satu ember sebagai kolam yang didalamnya sudah terdapat 50 ekor lele beserta pakannya. Pada tutup ember dapat dimanfaatkan untuk media tanaman sayuran.

Kisah Jatuh Bangun Jebolan Top 8 Indonesian Idol X Novia Bachmid yang Kini Telurkan Single Perdana

Dalam pelaksanaannya, lanjut dia, bantuan diserahkan secara simbolis kepada 20 orang perwakilan dari 200 kepala keluarga penerima bantuan lele di Dusun Tirta Asri, Sendang, Dawe, Watu Agung, Baturetno, Wonogiri. Sebelumnya telah dilakukan pendataan calon penerima manfaat bantuan itu.

Kegiatan serupa telah dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia. Untuk Wonogiri terlaksana di Kecamatan Baturetno. "Dengan program yang sama, pada pekan depan akan kami serahkan juga bantuan budidaya ayam kampung di daerah Wonogiri kota," kata Topik.

Dulu Tempat Rekreasi Raja, Kondisi Taman Segaran Sriwedari Solo Kini Sungguh Menyedihkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya