SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati keindahan alam di lokasi wisata Pancur Pitu di Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Sabtu (15/1/2022). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN Di tengah kawasan hutan Gunung Pandan di Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun terdapat tempat wisata yang cukup asik dikunjungi. Tempat wisata itu adalah Pancur Pitu.

Objek wisata ini menawarkan keindahan alam di ketinggian. Selain itu, di objek wisata ini terdapat kolam dengan tujuh pancuran air yang bersumber dari pegunungan. Airnya segar dan jernih.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untuk menuju ke lokasi wisata itu dibutuhkan waktu sekitar 45 menit sampai 60 menit dari pusat kota Caruban. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang menyejukkan. Hutan yang rimbun dan jalan yang naik turun.

Namun, tidak perlu khawatir, jalan menuju lokasi Pancur Pitu kondisinya sudah lumayan baik. Hanya beberapa ruas jalan saja yang perlu diperbaiki.

Baca Juga: Miris! Kafe di Banyuwangi Gelar Acara Striptis Gadis di Bawah Umur

Setibanya di lokasi, pengunjung harus berjalan kaki menurun untuk menuju ke kolam Pancur Pitu. Di lokasi wisata ini terdapat kolam yang airnya bersumber dari mata air alami dari Gunung Pandan.

Di kolam itu terdapat tujuh pancuran yang airnya terus menerus mengalir. Airnya sangat jernih. Sedangkan hawanya sangat sejuk. Bisa terbayang dinginnya air di kolamnya.

Bukan hanya ada kolam untuk berendam, di lokasi wisata ini juga terdapat beberapa spot swafoto yang menarik. Ada juga tempat fasilitas umum, seperti toilet dan tempat duduk pengunjung.

Destinasi wisata Pancur Pitu ini dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sumburbendo. Destinasi wisata tersebut dibuka sejak 2019 dan sampai saat ini masih menjadi alternatif warga yang bosan dengan wisata di perkotan dan ingin menikmati ketenangan dan kesejukan alam.

Baca Juga: Jangan Ngaku Pecinta Durian Kalau Belum Cicip Durian Segulung Madiun

Seorang pengunjung, Desinthaa, mengatakan Pancur Pitu ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berwisata keluarga. Selain hawanya sejuk, di sini juga bisa untuk bermain air. Apalagi airnya sangat jernih.

“Bagus sih untuk kebutuhan berfoto dan terus diunggah ke media sosial. Pemandangannya cukup menarik dan indah,” jelas dia, Sabtu (15/1/2022).

Warga Kecamatan Pilangkenceng itu mengusulkan supaya perlu ditambah tempat-tempat berfoto selfie dengan konsep kekinian. Supaya warga semakin tertarik untuk datang ke sini.

“Tapi tempat ini lumayan untuk direkomendasikan,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya