[ X ] CLOSE

Panci Gosong Jangan Buru-Buru Dibuang, Begini Cara Membersihkannya

Karena banyak yang tidak tahu caranya, tak sedikit orang menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membersihkan panci gosong.
Panci Gosong Jangan Buru-Buru Dibuang, Begini Cara Membersihkannya
SOLOPOS.COM - Ilustrasi membersihkan panci gosong. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Jika mengalami insiden panci gosong jangan buru-buru dibuang atau menyerah lantaran ada cara mudah untuk membersihkannya. Ya, kamu tak perlu membeli sabun cuci berliter-liter untuk membersihkan peralatan memasak tersebut.

Namun karena banyak yang tidak tahu caranya, tak sedikit orang menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membersihkan panci gosong. Apalagi jika peralatan memasak tersebut merupakan peralatan memasak kesayangan. Nah, setelah membaca tips ini kamu bisa praktikkan, tak perlu harus bersusah payah untuk membuat peralatan memasakmu kembali bersih berkilau.

Berikut ini cara membersihkan panci gosong seperti dikutip dari lemonilo.com pada Rabu (27/10/2021):

1. Mengaliri Panci dengan Air Panas

Cara pertama untuk membersihkan panci gosong adalah dengan memakai air panas. Kalau kamu memiliki panci berbahan stainless kamu bisa menggunakan air panas untuk membantu menyingkirkan kerak gosong yang menempel pada panci. Caranya cukup mudah, panaskan panci yang gosong tersebut di atas kompor selama beberapa menit, lalu ketika panci sudah cukup panas, alirkan air panas ke permukaannya hingga terdengar suara air mendesis.

Baca Juga: Tiga Senjata Terbaik Lawan Penyakit Kardiovaskular, Mau Coba?

Pada saat itulah, oleskan juga sedikit sabun cuci ke permukaan panci. Lalu gunakan sendok kayu untuk membuang noda kerak akibat terbakar. Cara ini tidak bisa digunakan untuk wajan anti lengket atau teflon.

2. Memanfaatkan Air Cuka

Sama seperti cara di atas, panaskan panci dan ketika dirasa cukup panas, aliri permukaannya, terutama di bagian yang gosong dengan menggunakan semangkuk air cuka. Biarkan selama beberapa menit, kemudian gosok-gosok menggunakan spatula berbahan kayu untuk menyingkirkan area panci yang terkena kerak gosong. Namun, cara ini juga tidak bisa digunakan untuk wajan anti lengket.

3. Merendam Panci di Air Sabun

Caranya oleskan sabun cuci piring terlebih dahulu ke panci gosong untuk membantu proses pengangkatan noda lebih cepat. Kemudian rendam panci atau wajan yang gosong di dalam air mendidih selama beberapa jam bahkan semalam penuh.

Baca Juga: Selain Hipoglikemia, Dorce Gamalama Juga Idap Penyakit Ini

Setelah direndam, buang air rendaman tadi dan alirkan air hangat ke permukaan panci. Sikat panci yang gosong menggunakan scrub berbahan nilon untuk menghilangkan noda kerak yang membandel.

4. Menyikat Panci dengan Bantuan Baking Soda

Cara yang ini bisa kamu gunakan untuk membersihkan noda gosong yang menempel pada panci kesayangan kamu. Buatlah gumpalan pasta dari baking soda yang telah dicampur dengan sedikit air hangat, lalu gunakan sikat untuk menyikat area panci yang gosong.

Sikat hingga noda gosong benar-benar bisa terkikis secara menyeluruh. Kemudian bilas dengan menggunakan hangat ketika noda telah hilang sempurna.

Baca Juga: Ikuti 8 Kebiasaan Makan Ini untuk Melawan Peradangan

5. Menggunakan Dryer Sheet Sebagai Scrubber

Dryer sheet atau lembar pengering juga bisa kamu gunakan untuk membuang noda kerak gosong yang menempel pada panci, atau wajan yang telah digunakan untuk memasak. Caranya sangat mudah, rendam panci menggunakan air hangat, lalu letakkan selembar dryer sheet hingga ke bagian dasar panci. Setelah itu, biarkan beberapa jam hingga lembar pengering ini melonggar dan bisa dijadikan sebagai scrub untuk membersihkan noda kerak.

6. Menggunakan Minuman Bersoda

Cara membersihkan panci gosong yang terakhir adalah dengan menggunakan minuman bersoda. Untuk panci aluminium, kamu bisa menggunakan minuman bersoda seperti Fanta dan Coca Cola. Caranya tuangkan sedikit minuman bersoda ke dalam panci gosong. Kemudian, panaskan di kompor menggunakan api kecil. Setelah itu coba bersihkan pancinya dengan cara digosok-gosok menggunakan spatula.

 



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago