Panas Poool! Ini Prediksi Indeks Ultraviolet Sinar Matahari 16 Mei 2022

Indeks sinar ultraviolet adalah angka tanpa satuan untuk menjelaskan tingkat paparan radiasi sinar  UV yang berkaitan dengan kesehatan manusia.
SHARE
Panas Poool! Ini Prediksi Indeks Ultraviolet Sinar Matahari 16 Mei 2022
SOLOPOS.COM - Waspadai bahaya dari paparan sinar ultraviolet. (Ilustrasi/Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Bagi kalian yang hendak beraktivitas di luar ruangan pada Senin (16/5/2022), sebaiknya simak prediksi indeks ultraviolet dari sinar Matahari dari BMKG ini.  Sebagaimana diketahui Indonesia masih dilanda cuaca panas ekstrem.

Badan Meteorologi Dunia (World Meteorological Organisation/WMO) menuliskan bahwa kekurangan sinar matahari akan memengaruhi mood kita dan juga meningkatkan ancaman kekurangan vitamin D. Namun jika menerima paparan sinar matahari yang berlebihan akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Nah, agar kalian terhindar dari bahaya sinar ultraviolet dari Matahari, sebaiknya ketahui prediksi indeks sinar ultraviolet untuk tanggal 16 Mei 2022. Tingkat bahaya paparan sinar UV ini dibedakan berdasarkan sejumlah warna yaitu hijau (low), kuning (moderate), oranye (high/risiko tinggi), merah (very high/risiko bahaya sangat tinggi), dan ungu (extreme/risiko bahaya sangat ekstrem).

Mengutip laman bmkg.go.id pada Minggu (15/5/2022), sinar ultraviolet merupakan bagian gelombang elektromagnetik dari energi radiasi matahari pada pita 100-400 nm. Radiasi matahari yang menjangkau permukaan bumi sendiri berada pada sekitar panjang gelombang 100 nm sampai dengan 1 mm.

Baca Juga: Indonesia Dilanda Cuaca Panas, Ini Tips Jaga Stamina di Suhu Ekstrem

Sinar ultraviolet yang berada pada pita gelombang 100 – 400 nm tersebut dibagi lagi menjadi UV A, UV B dan UV C [3] dengan rincian yaitu:

UV A = 315 – 400 nm
UV B = 280 – 325 nm
UV C = 100 – 280 nm

Indeks sinar ultraviolet adalah angka tanpa satuan untuk menjelaskan tingkat paparan radiasi sinar  UV yang berkaitan dengan kesehatan manusia. Dengan mengetahui UV index kita bisa memantau tingkat sinar ultraviolet yang bermanfaat dan yang dapat memberikan bahaya.

Setiap skala ada UV Indeks setara dengan 0.025 Wm2 radiasi sinar ultraviolet. Skala tersebut diperoleh berdasarkan fluks spektral radiasi UV dengan fungsi yang sesuai dengan efek fotobiologis pada kulit manusia, terintegrasi antara 250 dan 400 nm.

Baca Juga: Cuaca Panas Ekstrem di Karanganyar, Jangan Bakar Sampah Sembarangan!

Prediksi tentang indeks ultraviolet sinar Matahari untuk Senin (16/5/2022) itu dibagikan BMKG melalui laman Instagram resminya pada Minggu. “Hai sobat! Berikut adalah informasi seputar Indeks UV di wilayah Indonesia untuk prediksi tanggal 16 Mei 2022. Silahkan swipe ya dan lihat wilayah kamu masuk categori apa.  Untuk kategori ada di slide terkahir ya Sobat?? Semoga bermanfaat ya Sobat,” demikian tertulis di Instagram BMKG seperti dikutip pada Minggu.

Baca Juga: Gobyos! Cuaca Panas Ekstrem Melanda Jateng & Jogja

Nah, agar kalian tahu wilayah kalian memiliki paparan sinar ultraviolet masuk kategori apa, bisa dilihat dari tabel di bawah ini berdasarkan warnanya seperti dikutip dari Instagram BMKG:

Indeks ultraviolet pada Senin (16/5/2022) pukul 07.00-08.00

indeks ultraviolet sinar matahari
(Instagram/@infobmkg)

 

Indeks sinar ultraviolet pukul 09.00-10.00

paparan sinar ultraviolet
(Instagram/@infobmkg)

 

Indeks sinar ultraviolet pukul 11.00-12.00

Paparan sinar ultraviolet
(Instagram/@infobmkg)

 

Indeks sinar ultraviolet pukul 13.00-14.00

Paparan sinar ultraviolet
(Instagram/@infobmkg)

 

Indeks sinar ultraviolet pukul 15.00-16.00

Paparan sinar ultraviolet
(Instagram/@infobmkg)



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago