SOLOPOS.COM - Ketua DPD PAN Bantul, Wildan Nafis berbicara dalam Rakerda DPD PAN Bantul, Minggu (19/6/2022). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Solopos.com, BANTUL — Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Bantul, DI Yogyakarta, bakal mengusulkan 10 nama calon presiden dan calon wakil presiden dalam Pemilu 2024 ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN melalui Koalisi Indonesia Bersatu.

Beberapa nama yang diusulkan DPD PAN Bantul yaitu Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir, dan Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua DPD PAN Bantul, Wildan Nafis, mengatakan nama Gubernur DIY masuk dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PAN Bantul karena dianggap sosok yang sudah berpengalaman dan beberapa kali muncul di kancah nasional sebagai calon presiden.

“Kita butuh sosok njawani, sosok yang kalem, tidak mudah emosional, karena bangsa Indonesia bersuku-suku, harus orangnya adem, teduh dan berwawasan luas. Sultan pembawaan adem,teduh wawasan luas, dalam memimpin Jogja selama ini aman dan adem,” kata Wildan, di sela-sela Rakerda DPP PAN Bantul, Minggu (19/6/2022).

Baca Juga: Satu Keluarga Naik Motor Kecelakaan di Bantul, 3 Orang Patah Tulang

Dia menuturkan nama-nama yang diusulkan tersebut selama ini elektabilitasnya tinggi.

“Kami enggak mungkin mengusulkan nama-nama yang elektabilitasnya rendah, enggak akan masuk untuk bertarung tingkat nasional,” jelas Wildan.

Selain elektabilitasnya tinggi, kata Wildan, nama-nama tersebut juga memiliki lima kriteria capres-cawapres yang ingin diusung PAN. Kelima kriteria tersebut, pertama, nasionalis agamis; kedua, rekam jejak kepemimpinan yang kuat; ketiga, berpihak pada kelanjutan generasi yang artinya punya komitmen beregenarsi; keempat, semangat inovasi dan berkalaborasi, artinya punya wawasan luas untuk inovasi dalam bentuk apa pun.

“Serta berwawasan nusantara dan berperspektif global. Nama-nama yang disusukan memiliki lima kriteria tersebut,” kata Wildan.

Baca Juga: 10 SDN di Bantul Kekurangan Murid saat PPDB, Program KB Berhasil?

Nama-nama itu diklaim merupakan usulan dan aspirasi dari kader tingkat bawah mulai dari Dewan Pimpinan Ranting (DPRt) tingkat kalurahan, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) tingkat kecamatan hingga DPD Bantul. Nama-nama itu akan dikirimkan kepada Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN DIY.

“Selanjutnya nanti akan dipilih enam nama untuk diajukan ke DPP,” ujar Wildan.

Sementara itu, dalam Rakerda PAN tersebut terlihat perwakilan dari Partai Golkar dan Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP) Bantul. Menurut Wildan, kehadiran perwakilan Golkar dan PPP dalam Rakerda PAN sebagai bentuk komitmen menjaga KIB sampai tingkat bawah.

Lebih lanjut, Wildan mengatakan menyosong pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2024, DPD PAN Bantul sudah membentuk lebih dari 3.000 saksi yang nanti akan bertugas di TPS-TPS. Selain itu saat ini PAN juga mulai melakukan penjaringan calon-calon legislatif yang akan berlaga dalam Pileg 2024.

“Kami menargetkan minimal mendapatkan satu kursi di setiap daerah pemilihan di Bantul atau minimal enam kursi di DPRD Bantul, target maksimalnya bisa mendapatkan sembilan kursi” ucap dia?.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul DPD PAN Bantul Usulkan 10 Nama Capres, Ada Nama Sri Sultan HB X

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya