SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Jurusan D3 Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar pameran seni rupa bertajuk Sebelas Maret Basic Drawing (Sembadra) di Galeri Fakultas Sastra dan Seni Rupa Kampus UNS Kentingan, Solo, Senin-Kamis (10-13/3/2014). Sebanyak 47 karya drawing terbaik mahasiswa jurusan tersebut dipamerkan sebagai rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-38 kampus setempat.

Potongan buah semangka bersanding dengan pepaya yang diletakkan di tatakan meja kayu. Di sebelahnya, tampak sekotak buah-buahan yang masih utuh menanti giliran untuk dibelah. Delapan buah pepaya utuh tampak ranum berwarna hijau semburat jingga. Sementara jeruknya, tak mau kalah dengan warna jingga yang merekah.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kesegaran gambaran buah tropis tersebut menjadi ide karya drawing besutan Anis Shofiyana J. N. Karya berjudul The Summer Taste ini menjadi satu dari empat karya seni rupa beraliran realistime terbaik yang dimiliki jurusan tersebut. Tata letak buah yang ditampilkan mahasiswi Semester II D3 DKV UNS ini dibuat berat ke sudut kanan.

Ekspedisi Mudik 2024

Demi memberi kesan proporsi yang setimbang, latar yang menampilkan tekstur kayu di sudut kiri dibuat lebih gelap. Permainan garis tegas yang ditorehkan Anis selaras dengan permainan gelap terang dan peletakan bayangan benda.

Karya yang dibuat dengan pensil warna, cat poster, dan krayon ini menjadi tugas akhir mata kuliah menggambar benda. Sebelum pameran, para mahasiswa terlebih dahulu mengenyam teknik menggambar mulai dari mengenal presisi, komposisi, proporsi, gelap terang, dan pemberian bayangan.

Seksi Acara Pameran Sembadra, Annisa Shaphira, mengatakan karya yang dipamerkan kali ini telah melewati seleksi kuratorial dari jurusannya. “Jurusan kami terdapat sekitar 100 mahasiswa. Yang ditampilkan di sini hanya 47 karya terbaik mahasiswa D3 DKV angkatan 2013/2014,” terang Annisa, saat ditemui selepas pembukaan pameran.

Ketua Prodi D3 DKV UNS, Hermansyah Muttaqin, menambahkan drawing atau menggambar benda menjadi salah satu mata kuliah dasar yang mengantarkan mahasiswa seni rupa melanjutkan studinya.

Drawing ini sebagai dasar melangkah ke pembelajaran lain seperti ilustrasi, pembuatan story board. Sebelum beralih ke teknik digital, kemampuan dasar harus dikuasai terlebih dahulu,” urainya.

Herman berharap pameran ini bisa memacu kreativitas para mahasiswanya sehingga D3 DKV UNS bisa berkontribusi pada kemajuan fakultas yang akan beralih status menjadi Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) pada 2015 mendatang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya