SOLOPOS.COM - Sejumlah pengunjung mengamati karya foto dalam pameran bertajuk Membidik Wajah Pelayanan Publik Kita di Lantai II Solo Grand Mall, Minggu (26/1/2014) siang. Pameran yang digelar Masyarakat Peduli Pelayanan Publik (MP3) ini berlangsung Jumat-Minggu (24-26/1/2014). (Mahardini Nur Afifah/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Menggadai nyawa di angkutan transportasi massal bukan aktivitas langka di negeri ini. Ironisnya, banyak di antara penggadai nyawa ini masih berstatus pelajar.

Puluhan pelajar berseragam pramuka menaiki angkutan umum berpelat nomor BK 1078 MV. Para pelajar ini tak hanya berjejal di bagian dalam kendaraan, tampak beberapa pelajar nekat duduk di bagian atap kendaraan lantaran tak kebagian tempat duduk.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kendaraan yang idealnya memuat 12 penumpang ini tampak hampir terguling saat setengah badannya melintasi bahu jalan yang tak beraspal di kawasan Jl. Jamin Ginting, Medan, Sumatra Utara, Jumat (8/11/2014). Para pelajar yang sudah akrab dengan kebiasaan ini tampak cuek saat mobil yang mereka tumpangi nyaris terguling.

Kejadian ini terekam lensa kamera bidikan Rizky Cahyadi. Foto yang menggambarkan ironi pelayanan publik di bidang transportasi ini mengisi salah satu ruang pamer di pameran foto bertajuk Membidik Wajah Pelayanan Publik Kita yang digelar di Lantai II Solo Grand Mall, Minggu (26/1/2014).

Pameran yang berlangsung Jumat-Minggu (24-26/1/2014) ini diselenggarakan oleh Masyarakat Peduli Pelayanan Publik (MP3). Sedikitnya 60 karya foto yang memotret pelayanan umum di rumah sakit, pelayanan difabel dan masyarakat berkebutuhan khusus, potret transportasi massal, hingga kondisi infrastruktur di berbagai wilayah di Indonesia yang tidak memadai terekam dalam jepretan sejumlah fotografer.

Meskipun tidak lolos menjadi juara umum dan favorit, hasil rekaman lensa Rizky menjadi salah satu foto yang paling banyak diperbincangkan pengunjung pameran tersebut.

Selain foto tersebut, foto lain yang banyak diperbincangkan adalah karya Dian Dwi Saputra. Foto penyabet juara favorit ini merekam aktivitas seorang warga yang sedang menuntun sepeda saat melintasi talang air saluran irigasi di Desa Ngesrep, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Warga sekitar sengaja memanfaatkan saluran air ini sebagai sarana penyeberangan darurat untuk mempersingkat waktu tempuh. Keselamatan saat melintas di atas jalan kayu selebar 30 cm tersebut pun mereka abaikan.

Meskipun terletak di wilayah Soloraya, banyak pengunjung pameran yang belum mengetahui keberadaan jembatan darurat ini. Salah satunya Annisa Rizky, 18. Siswa Kelas III IPA II SMAN 1 Sukoharjo ini terenyak saat melihat foto besutan Dian Dwi Saputra tersebut.

“Kaget sekali di Boyolali saja masih ada yang menyeberang jembatan dengan cara [tidak aman] seperti itu. Semestinya pemerintah lebih turun ke bawah lagi untuk meninjau tempat-tempat yang belum terjangkau pelayanan publik yang memadai,” ujarnya, saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (26/1/2014).

Event yang diinisiasi sejumlah lembaga swadaya masyarakat seperti Pattiro Solo, Kopel, Pussbik, Pattiro Pekalongan, dan mengantongi dukunga Yappika dan UsAid ini tiga bulan sebelumnya menggelar lombo foto pelayanan publik. Sebanyak 60 foto terbaik, dipamerkan di sejumlah kota seperti Pekalongan, Solo, Malang, Binjai, Kupang, dan Bandarlampung.

“Mulai Januari ini karya lomba foto pelayanan publik kami pamerkan. Tujuannya ingin mengedukasi masyarakat. Kami sengaja menggelarnya di ruang publik untuk membuka mata mengenai pelayanan publik,” terang Community Organizer Pattiro Solo, Moko.

Manager Advokasi Yappika, Hendrik Rosdinar, mengatakan kegiatan ini baru kali pertama digelar. Lewat ajang ini pihaknya ingin menyadarkan publik untuk turut serta berpartisipasi mengawasi pelayanan publik. “Saat ini teknologi sudah semakin gampang di jangkau. Sosial media juga demikian. Kami ingin mengajak masyarakat menjadi bagian dari pengawasan publik. Peluang partisipasi masyarakat saat ini makin mudah,” urai dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya