SOLOPOS.COM - Pameran produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). (JIBI/Solopos/Dok.)

Pameran bertajuk Industri, Koperasi, dan UMKM Expo yang digelar di Kudus bakal melibatkan UMKM seprovinsi Jateng.

Semarangpos.com, KUDUS — Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah bakal mengundang pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dari berbagai daerah di provisni ini untuk ikut memeriahkan pameran yang bakal digelar selama lima hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Rencananya, pameran UMKM yang bertajuk Industri, Koperasi, dan UMKM Expo digelar mulai tanggal 27 September hingga 1 Oktober 2017,” ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kudus Bambang Tri Waluyo di Kudus, Jateng, Selasa (12/9/2017).

Ia mengatakan, pelaku UMKM di Jateng yang akan diundang rencananya berasal dari 18 kabupaten dan kota di provinsi ini. Mereka bakal menempati 72 gerai yang diseiakan panitia.

Produk unggulan Kudus, kata dia, tetap akan mendapatkan kesempatan mempromosikan produknya lewat ajang pameran tahunan, Industri, Koperasi, dan UMKM Expo tersebut. “Pelaku UMKM yang sudah naik kelas, juga akan dipamerkan untuk mendorong pelaku UMKM lainnya agar lebih berkembang,” ujarnya.

Untuk memeriahkan acara tersebut, produk kopi khas Kudus yang mulai tenar akan dibuatkan kegiatan berupa “kopi muria festival”. “Kami ingin mempromosikannya lebih lanjut, agar kopi muria semakin tenar di berbagai kalangan di Tanah Air,” ujarnya.

Menurut dia, pameran tersebut merupakan ajang promosi yang cukup efektif, sehingga produk UMKM yang sebelumnya kurang dikenal, setelah mengikuti pameran akan lebih dikenal masyarakat luas. Selain tersedia gerai untuk pelaku UMKM, kata dia, acara tersebut juga akan dimeriahkan dengan pameran bursa tenaga kerja.

“Kami optimistis, pameran tahun ini akan lebih meriah dan banyak pengunjungnya, karena dilengkapi dengan bursa kerja yang selama ini ditunggu-tunggu para pencari kerja,” ujarnya.

Tentunya, lanjut Bambang, pengunjung pameran Industri, Koperasi, dan UMKM Expo nantinya tidak terbatas dari masyarakat Kudus, melainkan masyarakat dari luar daerah juga akan berdatangan. Ia berharap, mereka juga akan melihat gerai UMKM yang ada, sehingga peluang promosi dan terjadinya transaksi semakin besar.

Perusahaan yang akan dilibatkan dalam pameran bursa kerja, diperkirakan mencapai 20-an perusahaan. Kegiatan pameran tersebut, rencananya akan digelar di Alun-alun Kudus.

Kebutuhan anggaran untuk penyelenggaraan pameran tahunan tersebut mencapai Rp1 miliar lebih. Sementara jumlah UMKM di Kudus diperkirakan mencapai 12.000 UMKM yang tersebar di sembilan kecamatan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya