SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Menghabiskan waktu liburan di tempat-tempat indah maupun objek wisata sembari meregangkan pikiran kini menjadi pilihan sebagian orang. Bahkan, tren berwisata atau melancong bukan lagi hanya sebagai
kebutuhan namun seakan telah menjelma menjadi gaya hidup. Imbasnya, setiap musim liburan berbagai daerah tujuan wisata banyak
dipenuhi para traveler. Dari sekadar menikmati keindahan alam maupun pesona objek wisata, merasakan kuliner hingga menikmati seni dan
budaya khas daerah setempat maupun berbelanja.
Jujugan para traveler tidak hanya objek wisata dalam negeri. Objek wisata luar negeri pun kini banyak diincar traveler Indonesia tak terkecuali wong Solo. Peluang itu ditangkap sejumlah agen perjalanan dengan membuat paket yang menjanjikan pengalaman tak terlupakan.
Selain paket wisata domestik, agen perjalanan juga membuat paket wisata luar negeri seperti ke Singapura, Malaysia, Thailand serta negara Asia tenggara lainnya.
Salah satunya dibuat Mandira Tour. Agen wisata yang berkantor di Jl Gadjah Mada Solo ini menyediakan paket liburan ke luar negeri seperti Singapura, Malaysia dan Thailand.
“Saat ini kami hanya menyediakan paket ke tiga negara tersebut. Tapi sebagian besar orang masih memilih Malaysia dan Singapura sebagai daerah tujuan wisata luar negeri,” ujar petugas bagian tur Mandira Tour Solo, Ponco Akhi Riyanto ditemui Espos di kantornya, Senin (6/5).
Dia mengaku minat traveler Solo berlibur ke luar negeri saat ini cukup tinggi sehingga paket wisata ke luar negeri tak pernah sepi peminat. Selain membuka paket individual, pihaknya juga membuat paket tur grup minimal berisi 15 orang. “Kebanyakan orang memilih paket individual biasanya bersama keluarga antara empat sampai lima orang. Nanti mereka akan bergabung dengan traveler dari Jakarta, diberangkatkan bareng,” ujarnya.
Hal yang sama juga dilakukan Asih Tour. Biro perjalanan wisata yang beralamat di Jl Sutan Syahrir Solo ini menyediakan paket tur ke luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Bangkok, Manila, Korea dan Brunei Darussalam.
“Lingkupnya masih sekitar negara ASEAN. Paket wisata ke luar negeri tidak kami buat sendiri tapi milik agen relasi di Jakarta kami hanya menjualkan. Tapi kalau ada konsumen yang ingin pergi sendiri dan berangkat dari Solo kami bisa melayani, tergantung bujet mereka,” ujar pemilik Asih Tour, Djuritno Yudo Hadinagoro.
Dia mengatakan orang Solo cenderung tidak memiliki musim saat pelesir keluar negeri. Meski begitu, pada musim liburan, wisatawan yang berminat keluar negeri cukup banyak.
Biro perjalanan Miky Tour juga tidak mau ketinggalan menyediakan paket wisata. Seperti agen perjalanan lainnya, Miky Tour juga bergabung dengan agen wisata yang ada di Jakarta dalam penyelenggaraan paket tur keluar negeri. Petugas Departement Tour Miky Tour, Fitri Pujiastuti, mengatakan selain negara tetangga Malaysia dan Singapura, negara lain yang banyak dipilih sebagai tujuan wisata di antaranya Jepang dan Korea.
“Sistemnya kami konsorsium bergabung dengan agen Jakarta karena kebanyakan yang berlibur individual atau keluarga lima hingga enam orang, nanti mereka berangkat dari Jakarta. Kalau grup besar 30 orang
masih jarang,” ujarnya.
Umumnya biro penyelenggara perjalanan menawarkan paket tujuan wisata luar negeri antara empat sampai lima hari. Fasilitas yang diberikan seperti akomodasi, hotel berbintang, tiket masuk objek wisata dan makan. Harga paket tur ke luar negeri yang ditawarkan biro perjalanan juga berbeda-beda. Mandira Tour misalnya menjual paket lima hari ke Singapura atau Malaysia sekitar Rp5 juta per orang. Sementara paket grup minimal berisi 15 orang harganya jauh lebih murah sekitar Rp4 juta per orang dengan fasilitas tambahan guide.
“Harga paket belum termasuk tiket pesawat,” kata Ponco.
Sementara Miky Tour melego paket wisata ke Singapura dan Malaysia dengan harga sekitar US$300 hingga US$465 selama empat hari, belum termasuk tiket pesawat. Untuk ke Korea harga paket wisata yang
ditawarkan selama tujuh hari US$1.560 per orang dan paket wisata ke Jepang selama delapan hari US$2.640 per orang.
“Harga paket ke Jepang dan Korea sudah termasuk tiket pesawat pulang-pergi,” ujar Fitri.
Sementara paket yang dijual Asih Tour seperti ke Bangkok selama lima hari US$70 per orang. “Kalaupun ingin ke Singapura dan Malaysia rata-rata per hari harus
menyediakan uang sekitar Rp2 juta per orang. Mau berapa hari di sana, tinggal dikalikan saja,” imbuh Djuritno.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Ekspedisi Mudik 2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya